Hebat, Orang Minang jadi Pelopor Perekonomian Muslim di Australia

Hebat, Orang Minang jadi Pelopor Perekonomian Muslim di Australia
Hebat, Orang Minang jadi Pelopor Perekonomian Muslim di Australia.

Kabarantau.com - Komunitas Minang Saiyo Australia bertekad membangun perekonomian yang kuat bagi umat Islam di Australia, khusunya warga negara Indonesia. Tekat itu disampaikan sesepuh komunitas Minang Saiyo Ikhsan Zakir dalam acara Silaturahim Idul Adha di kediamannya, Willey Park, Caterburry, Senin (12/9/2016).

Dilansir Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Iksan menuturkan, komunitas Minang di Australia sudah ada sejak adanya program pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Australia dalam program pengembangan sumber daya manusia sebagai hasil dari Kolombo Plan 1950. "Sejak saat itu, banyak para pemuda Minang yang bersekolah di Australia. Mereka kemudian mendapat status warga tetap oleh pemerintah Australia. Mereka membawa keluarga ke sini dan sampai saat ini sudah generasi ketiga.

Mayarakat Minang sangat kental dengan aqidah Islamnya. Menurut Ikhsan, jika menyebut nama Minang, sudah bisa dipastikan mereka pasti Muslim, sama seperti Aceh misalnya. "Namun, yang menjadi ciri khas Minang selanjutnya adalah kemampuan untuk berwira usaha. Minang sangat terkenal dengan masakannya. Tentu ini menjadi kelebihan sekaligus tantangan untuk mengembangkan dakwah melalui pengembangan ekonomi bagi warga Indonesia di Australia ini," tuturnya.

Saat ini program komunitas Minang Saiyo banyak tersebar di beberapa distrik di Sydney, seperti di Willey Park, Lakemba, Bankstone, Chamsie, Punchbowl, Tempii, West Sydney, dan wilayah lainnya. Diperkirakan mereka bisa mencapai lebih dari 50 persen warga negara Indonesia yang ada di Sydney. Minang Saiyo suga memiliki komunitas di Melbourne, ibukota negara bagian Victoria, Australia. (*)