Pulau Pasumpahan, Si Cantik Jelita Dari Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan, Si Cantik Jelita Dari Sumatera Barat
Salah satu tempat wisata yang sangat cantik dan alami yang ada di Sumatera Barat adalah Pulau Pasumpahan.

Kabarantau.com - Sudah banyak orang yang mengakui jika Sumatera Barat mempunyai paket wisata yang sangatlah lengkap. Dari kuliner, melihat arsitektur dan budaya, pegunungan dan lembah, semuanya ada di Sumatera Barat. Salah satu tempat wisata yang sangat cantik dan alami yang ada di Sumatera Barat adalah Pulau Pasumpahan.


Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumbar. Oleh karenanya pulau ini dekat jika kita menggunakan speed boat dari Teluk Bungus yang berada dekat dari Kota Padang. Klaim akan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara.


Pulau Pasumpahan luasnya sekitar 5 hektar dan memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya yaitu permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut.


Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang ini berupa kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir di setiap pulau, di antaranya di Pulau Gosong. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang atau ikan-ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati wisatawan. Konon ceritanya pulau ini dipercaya warga sekitar merupakan jelmaan Malin Kundang yang disumpah (dikutuk) ibunya menjadi batu. Penduduk meyakini bahwa Malin Kundang dikutuk menjadi batu di pulau ini karena terkait nama ‘pasumpahan’.


Pulau Pasumpahan berada di pantai barat Kota Padang. Lokasinya di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau 200 meter dari Pulau Sikuai. Persisnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Untuk mencapai Pasumpahan dari Sungai Pisang adalah dengan perahu kayu atau speedboat sekira 35 menit dengan ongkos Rp 40 ribu per orang pulang-pergi dengan mesin 45 PK. Namun para penelusur dapat bernegosiasi menyewa perahu dengan harga sewa Rp 80 ribu dengan kapasitas 10 orang. Namun jika para penelusur ingin langsung menuju Pulau Pasumpahan Kota Padang maka dapat pula menyewa perahu nelayan dari Pelabuhan Teluk Bayur.

Pulau Pasumpahan mempunyai pemandangan yang sangat indah sekali maka tidak mengherankan jika para investor lokal maupun asing saling berebut untuk mengembangkan pulau ini sebagai wisata unggulan di Sumatera Barat. Hamparan pasir di sepanjang pantai Pasumpahan yang disertai deburan ombak menjadi daya tarik utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini.


Dengan demikian, para penelusur akan serasa terisolir jauh keriuhan kota meski sebenarnya hanya selangkah dari keramaian kota. Di Pulau Pasumpahan ini para penelusur dapat meluakukan berbgai kegiatan antara lain snorkeling, berenang, menyelam, dan juga berkeliling pulau pasumpahan. Dengan berjalan kaki maka para penelusur dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata.

Karena Pulau Pasumpahan merupakan tempat terpencil maka saat berwisata kesini para penelusur jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, lotion anti nyamuk, sun block, makanan serta minuman yang cukup dan juga tenda untuk menginap. Para penelusur nggak akan pernah menyesal berwisata ke Pulau Pasumpahan karena pulau ini merupakan pulau terindah yang ada di Sumatera Barat.