Orkes Kumbang Tjari adalah Musik Rock n Roll Pertama dan Paling Sukses di indonesia

Orkes Kumbang Tjari adalah Musik Rock n Roll  Pertama dan Paling Sukses di indonesia
Di Indonesia, musik Rock N Roll disambut dan dikembangkan oleh maestro musik Nuskan Syarif dengan mendirikan orker Kumbang Tjari pada tahun 1961.

Kabarantau.com - Siapa yang tidak tau dengan legenda musik Rock N Roll, ElvisPresley? Dia adalah orang yang meninggalkan karir militernya untuk mendalamikehidupan Rock N Roll hingga sukses menembus dunia film dan tv.

Tak disangka, perkembangan masif dan universal Rock N Rolltidak hanya mempengaruhi gaya bermusik, tapi juga pada perkembangan sosial,gaya hidup, tren berpakaian serta berbahasa. Proses pematangan Rock N Rolldimulai pada akhir 1940an sebagai akar dari musik country dan western orang-orang kulit putih amerika dan rhythm and blues (R&B) orang-orangafrika-amerika. Cikal dari Rock N Roll sudah muncul pada musik country padapada era 1930-an dan blues pada 1920-an. Walaupun demikian, penyebutan Rock NRoll baru muncul pada akhir 1950-an. 

Di Indonesia, musik Rock N Roll disambut dan dikembangkanoleh maestro musik Nuskan Syarif dengan mendirikan orker Kumbang Tjari padatahun 1961. Nuskan Syarif sendiri adalah orang yang pada saat itu ditolak untukbergabung dengan orkes Gumarang. Pimpinan orkes Gumarang pada saat itu menolak Nuskankarena ia melihat potensi yang sangat besar pada diri Nuskan dengan kemampuanserta gaya bermusik yang ditawarkannya dan disarankan untuk mendirikan orkessendiri.

Orkes Gumarang bermusik dengan menonjolkan permainan pianosementara Nuskan dan orkes Kumbang Tjari menawarkan permainan gitar yangdominan.

Dengan menggaet Elly Kasim, Kumbang Tjari berhasilmendapatkan hati masyarakat bukan hanya Minangkabau tapi juga Indonesea dengankemampuan akulturasi yang apik antara musik Rock N Roll dengan semangatMinangkabau dan semakin populer dari waktu ke waktu. Kumbang Tjari meluncurkanpiringan hitam perdananya dengan hits seperti Asmara Dara, Randang Darek,Taratak Tangga, Mak Aji.

Kumbang Tjari dan Elly Kasim semakin menuai kesuksesandengan menelurkan lagu seperti Kaparinyo, Dayuang Palinggam, Kelok Sambilan,Bareh Solok, Lamang Tapai, Lansek Manih, Main Kim dan ratusan lagu lain yangdirangkum kedalam kaset, VCD dan piringan hitam selama lebih dari 40 tahun.


Penulis : Dt. Rajo Mangkuto