Simak ! 7 Pesona Ranah Minang yang Sudah Mendunia

Simak ! 7 Pesona Ranah Minang yang Sudah Mendunia
Jadi sudah tidak heran lagi, beragam pesona itu telah menarik perhatian dunia. Nah, dikutip darI Sumbarprov.go.id, berikut tujuh pesona ranah Minang yang mendunia.

Kabarantau.com - Pesona Sumatera Barat sudah terkenal di Indonesia. Mulai dari sajian kuliner, wisata alam, hingga budaya dan tradisi yang unik. Jadi sudah tidak heran lagi, beragam pesona itu telah menarik perhatian dunia. Nah, dikutip darI Sumbarprov.go.id, berikut tujuh pesona ranah Minang yang mendunia.

Kerambit, Senjata Mematikan di Dunia

Buat orang asli dari Minang pasti sudah tahu senjata satu ini. Ya, kerambit merupakan alat tradisional yang dinobatkan menjadi paling mematikan di dunia.

Bentuknya kecil dan imut. Namun sangat berbahaya, sebab bisa menyayat atau merobek anggota tubuh lawan. Hebatnya lagi senjata ini bisa melumpuhkan musuh secara cepat dan tak terdeteksi.

Mentawai, Sungai Peselancar Dunia

Jika ditanya soal wisata, Mentawailah tempatnya. Di kabupaten ini Anda bisa menemukan ombak yang banyak digemari para pecinta olahraga surfing.

Bahkan salah satu pemain Fast and Furious, Paul Walker sangat mencintai Mentawai hingga dia menitipkan sebuah petisi untuk menjaga pulau tersebut.

Bukan itu saja, tiap tahun, Mentawai ditunjuk sebagai penyelenggara World Champions Surfing Series atau Seri Kejuaraan Dunia Selancar Air yang dijadwalkan tiap Agustus.


Tari Piring, Seni Tari Indonesia yang Mendunia

Tari Piring merupakan salah satu dari tujuh seni di Indonesia yang mendunia. Tari ini merupakan ritual ucapan syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis.

Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi ini idak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur. Melainkan, sarana hiburan bagi masyarakat.

Kuliner Minang Nomer Satu di Dunia

Siapa yang setuju jika makanan khas Minang tidak ada duanya? Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengatakan ranah Minang memiliki wisata kuliner yang sangat populer.

"Wisata kuliner Minang nomer 1 di Indonesia bahkan diakui dunia dengan dinobatkannya rendang seperti makanan paling enak," katanya.

Suku Minang Penganut Matrilineal Terbesar di Dunia

Orang Sumbar terutama suku Minangkabau menganut sistem kekerabatan Matrilineal yaitu garis keturuna berdasarkan garis keturunan ibu. Artinya, suku anak akan mengikut kepada suku ibunya.

Konon, sistem ini adalah kekerabatan tertua dan etnis Minangkabau adalah salah satu etnis di dunia yang masih menganutnya hingga kini.

Mesjid Mahligai Minang, Arsitektur Unik di Dunia

Mahligai Minang tidak semata-mata masjid, tetapi sebuah identitas yang akan menjadi pusat peradaban, di mana salah satu bangunan utamanya adalah bangunan masjid.

Di situ perpaduan antara Islam dan Minangkabau dengan melengkapi bangunan atau ruangan. Seperti ruang serba guna yang menampung tiga ribu orang.