Inilah Kisah Sukses Ilham Anas, Obama KW yang Berdarah Minang

Inilah Kisah Sukses Ilham Anas, Obama KW yang Berdarah Minang
Ilham sempat berkelana ke tujuh negara demi memerankan tokoh Obama.

Kabarantau.com - Mempunyai wajah mirip dengan tokoh terkenal pasti menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika tokoh tersebut adalah presiden. Ya, itulah yang dirasakan Ilham Anas.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini tidak pernah bermimpi bisa terkenal layaknya selebriti papan atas. Bahkan namanya bukan terkenal di Indonesia saja, melainkan sampai ke luar negeri.

Dalam laman Indonesiakeren.id diceritakan, sejak pelantikan Barack Obama sebagai Presiden Amerika (AS) ke-44 delapan tahun lalu, menjadi awal petualangan Ilham. Meski lahir di Bandung, Ilham masih memiliki darah Minang. Sejak kecil, Ilham mengaku tidak cukup percaya diri dengan penampilannya.

Namun tidak disangka, jika tampilan Ilham dengan kulit coklat dan bentuk wajahnya menjadi berkah baginya. Delapan tahun lalu, selagi pamor Obama sebagai kandidat presiden Partai Demokrat menguat, orang terdekat Ilham mulai menyadari kemiripan itu. Mulai dari kakak perempuannya hingga rekan kantornya.

Bahkan rekan kantornya berinisiatif mengabadikan foto Ilham lengkap dengan kemeja dan jas seolah-olah menjadi Obama. Tak disangka foto itu menyebar di media sosial hingga ke Jepang, Amerika, dan Filipina.

Dalam hitungan dua hari, mantan fotografer media cetak ini diberitakan di Koran dengan judul 'Obama Palsu Ada di Indonesia, Obama Asli Belum Tahu'. Hal itu membuat Ilham takut. Maklum, waktu itu sentimen negatif terhadap AS masih tinggi.

Tapi beberapa saat, sebuah agensi dari Filipina menelponnya dan menawarkan pekerjaan menjadi bintang iklan. Sejak itulah, pria berumur 42 tahun ini terus berkelana ke tujuh negara memerankan Obama dalam proyek film, iklan, dan acara peluncuran produk.

Ilham mengaku cukup mudah menirukan Obama. Karena cukup dengan jas hitam dan kemeja, sambil berlatih melambaikan tangan, berjalan dengan tegap, serta sedikit berpidato.

Satu kalimat yang Ilham hafal yaitu Hello, I am Barrack Husein Obama, president of the United States. Yes we can!

Obama Lengser, Bagaimana Nasib Ilham?

Namun kini Obama telah lengser. Lalu apakah karier Ilham tetap selaris dulu?

Lengsernya orang nomor satu di AS ini tidak membuat Ilham kehilangan pekerjaan. Dia masih menerima tawaran pekerjaan untuk menjadi Obama KW.

'Walaupun tidak seramai dulu. Ini baru tanda tangan untuk iklan pengaman kompor gas. Tetap ada peluangnya, seperti Michael Jackson, orangnya sudah meninggal tapi masih ramai penirunya,' kata Ilham.

Ilham juga optimis, ketika Obama lengser pekerjaanya sebagai impersinator tidak akan selesai. Karena tokoh Obama yang tidak mudah dilupakan orang. (dwq)