Deretan 5 Pulau di Sumatera Barat yang Perawan nan Menawan

Deretan 5 Pulau di Sumatera Barat yang Perawan nan Menawan
Banyak wisatawan, khususnya wisatawan lokal pecinta wisata bahari, menghabiskan uang dan kocek untuk mengunjungi keindahan dan pesona bahari di Timur Indonesia mulai dari Bali sampai Raja Ampat. Padahal bagian Barat Indonesia juga memiliki surga bahari yang tak kalah menawan dan perawan. Salah satunya di ranah Minang yang menyimpan kekayaan bahari tersebut. Mungkin Anda masih awam dengan tempat-tempat ini. Tapi jangan underestimate dulu sebelum melihat seperti apa indahnya pulau di Sumatera Barat ini. Berikut lima pulau di Sumatera Barat yang masih perawan dan menawan.

Kabarantau.com - Pantai-pantai ini dijamin nggak kalah keren dibandingkan Raja Ampat, Kepulauan Komodo, atau Bali sekalipun. Yakin deh!

Banyak wisatawan, khususnya wisatawan lokal pecinta wisata bahari, menghabiskan uang dan kocek untuk mengunjungi keindahan dan pesona bahari di Timur Indonesia mulai dari Bali sampai Raja Ampat. Padahal bagian Barat Indonesia juga memiliki surga bahari yang tak kalah menawan dan perawan. Salah satunya di ranah Minang yang menyimpan kekayaan bahari tersebut. Mungkin Anda masih awam dengan tempat-tempat ini. Tapi jangan underestimate dulu sebelum melihat seperti apa indahnya pulau di Sumatera Barat ini. Berikut lima pulau di Sumatera Barat yang masih perawan dan menawan.

1. Pulau Sikuai

Asing dengan nama Sikuai? Jangan malu. Memang pulau ini belum setenar Raja Ampat. Sekarang saatnyalah Anda untuk mengenal lebih dekat pulau ini. Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau di Sumatera Barat yang terletak di sisi Barat. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut melalui Pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari Dermaga Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Pesisir pantai di satu pulau di Sumatera Barat ini tak kalah dengan putihnya pantai-pantai yang ada di Pulau Bali.

Sebagai daerah tujuan wisata pulau ini sudah dilengkapi dengan hotel resort berbintang. Resort di pulau ini menyediakan cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang.

Pulau Sikuai ini selalu memikat pelancong untuk segera menyeburkan diri ke laut. Berada di pulau ini serasa seperti memiliki pulau pribadi.

Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan untuk menikmati keindahan Pulau Sikuai. Anda bisa melihat indahnya biota laut dengan snorkeling, berenang di pantai atau mendayung kano di tengah laut. Anda juga dapat bersepeda mengelilingi pulau, atau trekking ke hutan tropis.

2. Pulau Cubadak

Setelah Sikuai, nama asing deretan Pulau Si Sumatera Barat selanjutnya adalah Cubadak. Eits, tak ada kaitannya pulau ini dengan Badak ya, Klikers! Pulau Cubadak juga merupakan salah satu dari puluhan pulau di Sumatera Barat. Tepatnya di jarak 24 mil lepas Pantai Padang. Selain masih perawan, pulau ini terlihat saat menawan. Menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi. Oleh karena itu di pulau Cubadak ini masih belum dihuni oleh penduduk. Dalam bahasa Minang, kata cubadak mempunyai arti nangka.

Di kawasan ini, para pengunjung dapat menikmati udara yang bersih, laut yang biru, angin pantai yang semilir, dan terdapat beberapa spot menyelam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tak heran kalau Pulau Cubadak merupakan salah satu surga bagi para penyelam.

Bagi yang ingin menginap di Pulau Cubadak, tersedia berbagai cottage yang dibangun dengan sentuhan tradisional dan natural. Harga sewanya mulai dari Rp. 1.900.000 per malam untuk wisatawan mancanegara dan Rp. 900.000 per malam untuk wisatawan domestik.

Untuk sampai ke pulau ini, Anda bisa memilih penerbangan menuju Bandara Minangkabau dan langsung menuju Pantai Carocok di Kota Painan. Dari Pantai Carocok ini, Anda bisa menyewa speedboat seharga seratus lima puluh ribu rupiah dengan waktu tempuh sekitar dua pulu menit. Sampailah Anda di pulau sepi dan memanjakan.

3. Pulau Bungus

Pulau Bungus ini tepat berada di sebuah teluk. Bungus sendiri merupakan salah satu kecamatan di Padang dan berbatasan langsung dengan Pesisir Selatan.

Untuk sampai ke sini, Anda dapat menggunakan bus rute Bungus dari Kota Padang. Sekitar dua belas kilometer dari Kota Padang Anda juga dapat menggunakan transportasi pribadi. Perjalanan anda nantinya akan melewati Pelabuhan Teluk Bayur yang cukup terkenal itu.

Selain leyeh-leyeh di pantai dan snorkeling pastinya, Anda juga bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling pantai. Perahu-perahu ini sengaja disewakan oleh penduduk setempat untuk para wisatawan.

Pulau di Sumatera Barat ini tak hanya memberikan kepuasan dengan menikmati keindahan alam, tapi perut Anda juga akan dimajakan dengan makan ikan langsung tangkapan dari nelayan-nelayan sekitar.

Bagi yang ingin menginap, pulau ini juga sudah banyak menyediakan penginapan. Selamat bermalam dan menikmati indahnya pulau ini.

4. Pulau Pagang

Pulau yang satu ini pun pasti masih asing di telinga anda. Ini adalah satu yang juga masih perawan dan menawan di dalam daftar pulau di Sumatera Barat.

Lokasi pulau ini tak jauh dari Pulau Sikuai yang sudah dibahas di atas. Pulau ini dapat dicapai melalui jalan darat dan dilanjutkan dengan perahu penyeberangan di Pelabuhan Bungus Padang.

Untuk Anda yang ingin ikut paket wisata, di lokasi penyeberangan tepat di Bungus juga menyediakan paket tur ke Pulau Pagang ini. Mereka menyediakan speedboat, life jacket, snorkel mask dan juga makan siang sebagai paket berkunjung ke Pulau Pagang. Setelah itu Anda akan menyebrang menikmati sentuhan pasir nan lembut.

Pulau ini termasuk Pulau yang masih perawan dari segi pengelolaannya diantara pulau di Sumatera Barat lainnya. Jadi, jangan terlalu tinggi ekspekstasi terhadap fasilitas-faslitas yang disedikan dari pulau ini.

5. Pulau Pasumpahan

Pulau terakhir dari deretan pulau perawan nan menawan diantara pulau di Sumatera Barat ini adalah pulau Pasumpahan. Nggak ada hubungannya sih dengan sumpah dan janji.

Pulau Pasumpahan ini juga berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang juga masih perawan.

Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang adalah kawasan ekosistem terumbu karang. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang, pengunjung juga dapat meikmati ikan-ikan hias yang ada di daerah ini. Bagi yang suka diving, pulau ini juga menjadi rekomendasi untuk dikunjungi.

Pasumpahan kini tengah diincar investor asing untuk dikembangkan sebagai obyek wisata yang di unggulkan di daerah sumatera barat. Fasilitas pendukung untuk itu tengah dibangun di pulau ini. So, kunjungi selagi masih perawan.

5 pulau di atas adalah lokasi perawan dan menawan yang bisa Anda kunjungi saat mencari pulau di Sumatera Barat. Gimana? Masih mau berwisata bahari ke timur Indonesia saja?

– Yassir Siregar –