Kisah Legenda Orang Bunian di Minangkabau, Nyata atau Mitos?

Kisah Legenda Orang Bunian di Minangkabau, Nyata atau Mitos?
Seperti kisah legenda pada umumnya, kisah tersebut pun dipercaya tanpa pengecualian, artinya hampir seluruh kalangan masyarakat percaya dengan legenda tersebut tanpa berani mencari kebenaran meski terkadang legenda itu sendiri berada sangat jauh dari nalar manusia.

Kabarantau.com -  Kebudayaan yang sangat beragam oleh bangsa Indonesia turut menyumbang begitu banyak kisah-kisah legenda. Seperti kisah legenda pada umumnya, kisah tersebut pun dipercaya tanpa pengecualian, artinya hampir seluruh kalangan masyarakat percaya dengan legenda tersebut tanpa berani mencari kebenaran meski terkadang legenda itu sendiri berada sangat jauh dari nalar manusia. Seperti legenda orang bunian yang ada di  Sumatera Barat, tepatnya di Minangkabau. Kisah tentang orang bunian sudah begitu melegenda secara turun temurun, meski saat ini legenda tersebut tidak pernah terungkan secara fisik.


MISTERI ORANG BUNIAN
Orang bunian dipercaya merupakan makhluh gaib yang digambarkan memiliki kemiripan dengan sosok manusia. Disebut jika orang bunian memiliki tangan, kaki, kepala dan orang-organ tubuh seperti manusia, namun makhluk yang satu ini tidak hidup di dimensi manusia. Banyak yang percaya jika makhluk legendaris ini menempati tempat-tempat terpencil seperti tengah hutan, bukit-bukit tinggi, perkuburan atau bangunan-bangunan tua yang telah ditinggalkan begitu saja dalam waktu yang lama.


LEGENDA ORANG BUNIAN DI MINANGKABAU
legenda tentang orang bunian berasal dari kepercayaan adat istiadat masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Konon menurut legenda, orang bunian merupakan perwujudan sosok dewa, namun bagi masyarakat Minangkabau sosok dewa yang mereka maksud tidak seperti ajaran yang dianut dalam kepercayaan Hindu atau Budha. Mereka menyebut orang bunian sebagai makhluk halus yang mendiami hutan-hutan rimba, konon biasanya menurut legenda masyarakat setempat orang bunian akan menculik anak kecil di waktu-waktu tertentu. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, rang bunian biasanya akan menggoda anak kecil dengan menyebarkan aroma masakan yang sangat lezat atau yang lebih dikenal dengan istilah "samba dewa".


PENGGAMBARAN WUJUD ORANG BUNIAN

Secara tak sadar, orang bunian telah menjadi legenda yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini banyak peneliti dan para ilmuan dari mancanegara yang masih terus mencari penelitian untuk membuktikan keberadaan makhluk yang satu ini. Pasalnya, bagi mereka orang bunian sebenarnya tak lebih hanya merupakan makhluk langka yang hidup ditengah hutan belantara dan sangat menutup diri dari kehidupan manusia pada umumnya. Beberapa peneliti sempat menjelaskan jika legenda ini tidak hanya sekedar cerita, pasalnya saat melakukan penelitian mereka berhasil menemukan bukti-bukti tentang keberadaannya. Seperti jejak kaki hingga sebuah rekaman video yang konon merupakan rekaman bukti keberadaan kisah legendaris ini. Dari situ mereka pun mulai membentuk sebuah skema tentang perwujudan sosok makhluk yang satu ini. Menurut salah satu sumber, hasil penelitian menggambarkan jika orang bunian adalah sebuah makhluk hasil evolusi kera. Para peneiti mengatakan jika makhluk yang satu ini berjalan dengan kedua kakinya seperti manusia, bahkan mereka pun berjalan di atas tanah tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan lebih pendek dari manusia.

ORANG BUNIAN DALAM PANDANGAN MISTIK
Legenda Orang Bunian oleh Segi Empat Berbicara tentang orang bunian maka sisi mistis seolah tidak bisa dipisahkan dari legenda ini. Banyak yang percaya jika makhluk ini merupakan makhuk halus sebangsa jin yang konon memiliki kekuatan supranatural yang sangat dahsyat, dan menurut legendanya makhluk ini tidak akan pernah dilihat dengan mata biasa. Konon orang bunian hanya akan menampakkan wujudnya kepada orang-orang yang ia inginkan. Menurut kepercayaan banyak kalangan orang bunian tidak hanya terdapat di daerah Minangkabau saja, konon dari kisah legendanya hampir setiap daerah khususnya daerah perbukitan di huni oleh orang bunian. Konon menurut legenda dari dunia mistik orang bunian pun punya kehidupan mereka masing-masing seperti kehidupan manusia yaitu beranak pinak dan juga memiliki sistem pemerintahan mereka tersendiri.

Benar tidaknya tentang legenda makhluk ini, salah seorang yang nampaknya "pakar" dunia gaib asal negeri jiran sempat membuat pengumuman yang sangat mengejutkan. Ia mengatakan bahwa tragedy hilangnya Malaysia Airlines disebabkan karena ulah orang bunian yang membawa semua penumpang termasuk pesawat masuk ke dimensi lain.