Lauterbrunnen, Desa Wisata di Swiss yang Mirip Lembah Harau, Sumbar

Lauterbrunnen, Desa Wisata di Swiss yang Mirip Lembah Harau, Sumbar

Kabarantau.com - Indonesia memiliki Lembah Harau yang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Air terjun yang meluncur garang membasahi dinding-dinding tebing. Tebing-tebing kokoh Lembah Harau pun tak jarang menjadi pilihan para pecinta olahraga panjat tebing. Namun tak hanya Indonesia yang memiliki tempat seindah Lembah Harau. Dialah Lauterbrunnen kepunyaannya Swiss yang mirip dengan Lembah Harau.

Lauterbrunnen adalah sebuah desa kecil di lembah Lauterbrunnen di Swiss yang masuk ke wilayah kota tua Bern dan berjarak sekitar 70 km dari kota Bern yang adalah ibukota negara Swiss. Lauterbrunnen sendiri terletak di areal puncak Jungfrau yang merupakan nama salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Alpen. Selain Lauterbrunnen, terdapat beberapa desa wisata lainnya di lembah Jungfrau seperti Grindelwald, Murren, Jungfraujoch, Schilthorn, ataupun Interlaken. Lauterbrunnen menjadi pilihan menginap banyak wisatawan karena dianggap paling strategis untuk mengunjungi desa-desa wisata lainnya.

Kata Lauterbrunnen sendiri berarti banyak mata air. Nama tersebut diambil sebagai nama desa ini karena keberadaannya yang sangat unik yang dikepung 72 air terjun. Hampir sama seperti Lembah Harau, Lauterbrunnen juga memiliki tebing-tebing kokoh nan terjal dengan ketinggian rata-rata 300 meter.

Diantara 72 air terjun itu, air terjun Staubbach merupakan yang tertinggi dengan ketinggian mencapai 297 meter. Hal unik lainnya dari Lauterbrunnen yaitu air terjun bawah tanah Trümmelbach yang dihimpit Lembah Lauterbrunnen dan Gunung Stechelberg. Trümmelbach merupakan air terjun bawah tanah terbesar di Eropa. Selain itu, Trümmelbach juga merupakan satu-satunya air terjun gletser bawah tanah di dunia yang bisa diakses dengan lift, terowongan dan berjalan kaki menuruni anak tangga.

Lauterbrunnen yang digadang-gadang sebagai desa terindah di Eropa ini sangat cocok bagi kamu pecinta hiking. Ada banyak pilihan tempat dan tujuan untuk hiking disekitar Lauterbrunnen. Jika kurang suka hiking,Lauterbrunnen juga cocok bagi kamu yang bosan dengan keramaian kota. Karena keindahannya inilah akhirnya pada tahun 2001, Lauterbrunnen dan sekitarnya terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Masih di areal Lauterbrunnen, terdapat sebuah danau indah berair bening kebiruan. Untuk menjumpai danau indah ini, kamu harus sedikit berkorban dengan menaiki bukit. Kelelahanmu menaiki lembah akan terbayar saat kamu menemui danau ini. Tak hanya danaunya yang indah, pemandangan disekitarnyapun cukup mengagumkan.

Sumber