Inilah 5 Mitos Perempuan Minang yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 5 Mitos Perempuan Minang yang Perlu Anda Ketahui

Kabarantau. com - Kalau biara soal perempuan atau gadis, salah satu daerah yang katanya memiliki perempuan-perempuan cantik nan aduhai adalah puanu gadis Minang. Mereka merupakan sosok sempurna yang diciptakan Tuhan di bumi.

Perempuan atau gadis Minang adalah perempuan yang penuh pesona, sikap dan santun mereka terjaga dan tutur katanya yang lembut pasti membuat siapa saja akan jatuh hati kepada mereka. Sikap mereka yang ramah, bibir yang selalu tersenyum sungguh bisa menawan hati siapa saja.

Menurut cerita, punya menantu perempuan dari Minang, adalah pilihan dan idaman dari banyak orang tua di luar sana. Meski demikian, kehidupan perempuan-perempuan Minang tidak terlepas dari mitos. Mitos ini bisa kamu percayai atau juga tidak.

Nah, berikut adalah mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang gadis-gadis Minang :

1. Perempuan Minang harus Bisa Masak

Bukankah makan Minang (Padang) sangat enak dan digemari hampir semua suku di Nasantara, bahkan juga orang-orang asing yang datang ke Indonesia?

Banyak mitos yang beredar kalau perempuan Minang harus pandai memasak. Karena apa, karena ranah minang adalah surganya makanan enak dan super enak. Jadi sangat aneh kalau gadis Minang jika tidak pandai memasak. Hal ini akan jadi masalah besar kalau anak perempuan di ranah Minang tidak bisa memasak.

Pada dasarnya hampir mayoritas perempuan pasti bisa masak. Namun untuk membuat masakan menjadi enak dan istimewa tentu perlu keahlian khusus. Nah, gadis Minang katanya harus memiliki keahlian ini agar sang suaminya nanti bahagia dan betah makan di rumah.

Kalau tidak bisa masak, berarti bukan perempuan Minang tulen. Dan kalau perempuan Minang tidak bisa masak, pasti malu-maluin.

Mitos ini masih ada hingga saat ini, makanya tidak heran jika ada orang yang mau memperistri wanita Minang pasti si orang tua bilang "wah, bakalan sering makan enak nih." hehehe

2. Perempuan Minang itu Sopan, Santun dan Lemah Gemulai

Banyak yang bilang, kalau perempuan Minang itu sopan, santun dan terjaga tingkah laku dan perbuatannya. Tutur katanya halus dan lebut. Oleh karena itulah, katanya, perempuan Minang adalah salah satu calon menantu idaman orang tua mana di luar sana. Makanya, banggalah jadi perempuan Minang.

Sopan, santun dan tingkah laku perempuan Minang itu merupakan sikap dasar yang harus dimiliki oleh perempuan-perempuan Minang. Inilah yang membuat mereka terlihat istimewa dan luar biasa serta sering menjadi pusat perhatian dan pembicaraan.

Sikap ini memang mutlah harus dimiliki oleh setiap perempuan Minang dimana pun berada, karena dengan sikap sopan dan tingkah laku yang baik, semua orang pasti akan suka dan tertarik.

Jadi jika ada perempuan Minang yang tidak bisa menjaga sikap dan tingkah lakunya dengan baik, banyak yang bilang mereka bukanlah keturunan Minang tulen.

Di ranah Minang, jika ada anak perempuan yang tidak pandai menjaga sikap dan tingkah lakunya yang akan malu adalah kaum atau sukunya. Oleh karena itulah mereka akan menjaga nama baik suku dan kaum mereka dengan sikap dan tingkah laku yang baik pula.

3. Pesona Perempuan Padang Layaknya Keindahan Alamnya

Pergilah ke ranah Minang untuk menikmati keindahan alamnya.Keindahan alam di Sumatera Barat memang tiada duanya. Di ranah Minang pesona dan keindahan alam tersaji lengkap.

Gunung, laut, danau, bukit, hamparan sawah menguning semuanya ada di sini. Makanya tak heran ratusan ribu wisatawan baik domestik dan mancanegara tiap tahunnya datang dan berkunjung ke Sumatera Barat.

Tidak hanya keindahan dan keelokan alam yang dimiliki oleh Sumatera Barat, demikian pula halnya dengan gadis-gadis Minang. Wajah dan perilaku mereka laksana keindahan alam tersebut, bisa dilihat dan nikmati namun tidak mudah dimiliki.

Pesona perempuan-perempuan atau gadis-gadis Minang membuat siapa saja akan terpana. Kecantikan dan ketulusan budi mereka adalah anugrah terbesar dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Meskipun kecantikan bersifat relatif yakni tergantung sudut pandang seseorang menilai.

4. Perempuan Minang itu Pandai Mengaji

Sejak kecil, perempuan-perempuan di ranah Minang biasanya akan diserahkan orang tuanya ke tempat mengaji (mesjid, mushala atau sekolah agama) untuk belajar mengaji. Biasanya mereka belajar mengaji setelah pulang sekolah usai.

Mengaji adalah bagian hidup dan pelajaran yang harus dijalani oleh anak-anak padang (baik laki-laki maupun perempuan). Dan biasanya para orang tua pun akan menyuruh anak-anaknya untuk pergi belajar mengaji. Biasanya, mereka belajar mengaji sejak kecil hingga menjelang masuk sekolah menengah atas (SMA).

Dan rata-rata perempuan Minang telah atau pernah menamatkan bacaan Al-Quran atau khatam sebelum melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah. Jadi, sangat mengherankan jika ada cewek padang yang tidak bisa mengaji. Kalau orang tuanya tahu, pasti akan sangat memalukan sekali bagi keluarga.

5. Perempuan Padang itu Ngangenin

Perempuan Minang itu memang ngangenin apalagi mereka yang memiliki 4 kriteria di atas. Jika bisa mendapatkan gadis Minang dengan kriteria di atas, sungguh itu adalah anugerah yang sangat luar biasa.

Jadi buat kamu yang ingin dan sedang mencari jodoh, kalau bisa dan kalo mau, carilah gadis Minang yang baik, solehah, pandai masak, dan memiliki tingkah laku yang baik untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah.

Sumber