6 Masakan Jawa Ini Ternyata Digemari Orang Padang

6 Masakan Jawa Ini Ternyata Digemari Orang Padang
Namun jangan salah, walaupun terkenal fanatik dengan cita rasa masakan khas daerahnya, namun kenyataannya tetap saja ada beberapa jenis masakan dari daerah lain yang berhasil menyelinap masuk dan dapat diterima oleh mayoritas orang Minang. Apa saja menu masakannya ? Yuk Intip !

Kabarantau.com - Lidah orang Padang atau orang Minang lebih tepatnya, boleh dikatakan sebagai lidah yang paling rewel soal makanan. Mentang-mentang masakkan asal daerahnya sudah mendunia dan dapat dengan mudah ditemui dimana-mana, kebanyakkan orang Padang enggan untuk mencoba cita rasa lain selain dari cita rasa masakkan Padang yang memang sudah terkenal lezat itu.

Sehingga jangan heran, apabila apabila ada orang Minang yang berkunjung ke suatu daerah diluar daerah asalnya di Sumatera Barat, maka alih-alih untuk mencoba makanan khas daerah setempat, ujung-ujungnya mereka tetap saja akan berusaha sekuat tenaga untuk mencari rumah makan yang menyediakan masakan Padang di daerah itu.

Mungkin lidah mereka ini sudah terlalu fanatik dan terbelenggu dengan racikkan bumbu-bumbu yang bercirikkan aroma rempah yang kuat dan di dominasi rasa pedas, yang sudah biasa mereka kenal sehari-hari di kampung halamannya. Sehingga terlalu susah bagi mereka untuk meyesuaikan diri dengan cita rasa makanan yang berbeda dari yang biasa mereka makan.

Namun jangan salah, walaupun terkenal fanatik dengan cita rasa masakan khas daerahnya, namun kenyataannya tetap saja ada beberapa jenis masakan dari daerah lain yang berhasil menyelinap masuk dan dapat diterima oleh mayoritas orang Minang.

Seperti masakkan Jawa yang seperti kita ketahui bertolak belakang sifat dengan masakan Padang, karena didominasi oleh rasa manisnya, sementara masakan Padang terkenal akan pedasnya. Tetapi tetap saja ada beberapa jenis masakkan tanah Jawa atau Sunda yang mampu menaklukkan "Lidah Padang" yang rewel tadi, bahkan dapat diterima secara luas oleh masyarakat Minang di negerinya sendiri di Sumatera Barat. Berikut Beberapa jenis makanan diantaranya:

1. Pecel Lele dan Pecel Ayam

Jangan anda harap bakal menemukan makanan seperti Gudeg d Sumatera Barat, tapi kalau anda bertanya pecel lele atau pecel ayam, maka jangan khawatir anda akan mudah menemukannya. Warung-warung tenda pecel lele atau pecel ayam saat ini menjamur di kota-kota di Sumatera Barat dan sudah menjadi makanan alternatif favorit dikala sedang bosan makan di Rumah Makan Padang.

2. Sate Madura

Walaupun berada di "Markas"nya Sate Padang yang legendaris, namun Sate Madura tetap percaya diri untuk bersaing dengan "rival"nya itu di Sumatera Barat. Cukup banyak orang Minang yang jadi penggemar sate madura dengan kuah kacangnya yang manis ini sebagai alternatif cemilan di malam hari.

3. Bakso

Sebenarnya tak ada yang dapat mengkategorikan makanan semacam bakso adalah masakan Jawa. Namun bagi orang Minang, kalau mau makan Bakso enak, maka penjualnya haruslah orang Jawa. Maka kalau anda bukan orang Jawa, maka jangan coba-coba jualan bakso di sana, kalau tidak mau merugi.

4. Ayam Kecap

Ayam goreng yang berbalutkan kuah kecap dengan cita rasa manis ini sudah "naik pangkat" menjadi salah satu hidangan yang disajikan di pesta-pesta hajatan di Sumatera Barat, bersanding dengan para "senior"nya seperti rendang, dendeng balado dan masakan khas minang lainnya.

5. Lotek atau Pecal Giling

Jenis makanan Salad ala Indonesia ini orang Minang juga bisa membuatnya, tapi kalau yang hasil racikan dari mbok-mbok atau bibik dari Jawa akan mendapatkan kepercayaan lebih tinggi dari masyarakat Minang akan kualitas dan rasanya.

6. Siomay

Kalau yang ini sih spesialisasi si Akang dari tanah Sunda. Seperti halnya bakso, tidak ada argumen apapun yang dapat menyebutkan bahwa siomay adalah masakkan Jawa atau Sunda, bahkan makanan ini lebih identk dengan nuansa tionghoa-nya. Namun bagi orang minang, siomay adalah lahannya orang Sunda. Belum ada catatan orang Padang jualan siomay, kalaupun ada ga bakalan dilirik deh.