Uang Disebut “PITIH” Dalam Bahasa Minang! Kenapa ?

Uang Disebut “PITIH” Dalam Bahasa Minang! Kenapa ?
Mungkin kamu sering dengar kata pitih. Iya, pitih berarti uang dalam bahasa minang. Kata ini begitu populer di Indonesia, sama populernya dengan rancak bana dan ondeh mandeh yang seakan-akan menjadi taglinenya orang minang. Nah, tapi kamu pernah tau nggak sih sejarah kenapa orang minang menyebut uang dengan pitih?

Kabarantau.com - Kapan dan bagaimana kata pitih mulai dikenal masyarakat Minang sampai saat ini tidak dapat disebutkan dengan valid. Hal ini karena minimnya sumber dan acuan yang dapat menjadi landasan informasi tentang waktu dan peristiwa sehingga kata pitih bermakna uang. Namun jika dilihat dari penggunaan kata pitih yang bermakna uang, sepertinya masyarakat Minang bukanlah satu-satunya yang menggunakan kata pitih untuk menyebut uang. Masyarakat Terengganu di Malaysia, juga memakai kata pitih dengan makna yang sama, yakni uang.

Nah, jadi tentang kata uang yang disebut pitih dalam bahasa Minang sepertinya ada kaitan dengan masyarakat Terengganu Malaysia yang juga menggunakan kata pitih untuk menyebut uang. Jika menilik lebih lanjut, jelas saja antara Minangkabau khususnya serta Sumatera pada umumnya memiliki kekerabatan dengan Malaysia, sama-sama Melayu. Namun ihwal dari mana kata pitih bermula tetap sulit diterka, karena andai saja diklaim sebagai bahasa asli Melayu, mengapa tidak semua Melayu menggunakan kata ini? Tetapi jika saja kita menyebut ini adalah bahasa asli Minangkabau, lalu bagaimana prosesnya sampai pitih tiba di Terengganu?

Apapun dan bagaimanapun itu, faktanya kata pitih memang cukup populer di Negeri ini, seperti menjadi jargon dalam pergaulan bahwa orang Minang itu kerjanya "cari pitih". Lalu bagaimanapun juga, ternyata masyarakat Terengganu di Malaysia juga memahami kata pitih yang berarti uang, persis sama dengan masyarakat Minangkabau di Indonesia.

Sekian dulu ulasan tentang uang disebut pitih dalam bahasa Minang yang ternyata juga digunakan dengan makna yang sama oleh masyarakat Terengganu Malaysia. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Salam, selamat mencari pitih!