Ini Dia 5 Anggapan Keliru Tentang Orang Minang

Ini Dia 5 Anggapan Keliru Tentang Orang Minang
Orang minangkabau (Minang) yang terkenal sebagai perantau, hampir tersebar disetiap daerah di Indonesia hingga luar negeri sekalipun. Namun ada beberapa anggapan terhadap orang Minang yang keliru, terutama bagi orang-orang non Minang. Keliru, karena sebenarnya bukan seperti itu.

Kabarantau.com - Orang minangkabau (Minang) yang terkenal sebagai perantau, hampir tersebar disetiap daerah di Indonesia hingga luar negeri sekalipun. Namun ada beberapa anggapan terhadap orang Minang yang keliru, terutama bagi orang-orang non Minang. Keliru, karena sebenarnya bukan seperti itu.

SEMUANYA ADALAH ORANG PADANG

Ketika berada diranah perantauan, saat berkenalan dengan orang yang bukan minang dan menyebutkan kampung halaman, apapun kampung halamannya mau Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, tetap aja kita dianggap orang Padang.

ORANG MINANG KATANYA PELIT

Di wilayah perantauan, orang-orang non minang  banyak yang beranggapan bahwa orang Minang itu pelit. Sebenarnya orang Minang itu sama sekali nggak pelit, mereka cuma hemat. Wajar saja, karena hidup diperantauan jauh dari keluarga dan orang tua harus pintar-pintar mengelola keuangan, kalau terlalu boros kan bahaya.

Di Sumatera Barat sendiri, negeri asalnya orang Minang, sifat pelit itu tercela. Ada sebuah ejekan bagi orang pelit di Minang, yaitu: "Urang pilik kuduaknyo balubang" artinya: "Orang pelit tengkuknya berlobang".

KALAU MENIKAH LELAKI MINANG DIBELI

Nah yang ini juga nggak benar nih. Tidak semua lelaki minang itu kalau menikah dibeli. Yang dibeli itu cuma lelaki Minang dari daerah Pariaman. Sebenarnya bukan dibeli, tapi ‘dijapuik’ (dijemput). Tradisi ini sebenarnya sama dengan Siti Khadijah waktu meminta Rasulullah menjadi suaminya. Tapi mungkin anggapan lelaki minang itu dibeli muncul karena setelah menikah lelaki minang tinggal di rumah perempuan kali ya?

KALAU MENIKAH PEREMPUAN MINANG DIJODOHKAN

Tidak semua Perempuan Minang kalau menikah dijodohkan. apalagi perempuan Minang jaman sekarang. Tergantung keluarga masing-masing, kalau perempuannya punya calon, bisa kok menikah dengan calon pilihannya.

ORANG MINANG KALAU BERBAHA INDONESIA SUKA KEBAWA-BAWA MINANGNYA
Siapa bilang? Nggak ada gai tu doh!