Rasakan Gurihnya Rendang Belalang Kuliner Khas Nagari Sisawah

Rasakan Gurihnya Rendang Belalang Kuliner Khas Nagari Sisawah
Masakan rendang seperti ini mungkin sedikit berbeda dari rendang yang biasa kita temukan, yaitu rendang belalang. Lezatnya rendang dipadu gurihnya belalang, hanya bisa anda temukan di ranah Minang Nagari Sisawah kecamatan Sumpur Kudus kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Kabarantau.com - Masakan rendang seperti ini mungkin sedikit berbeda dari rendang yang biasa kita temukan, yaitu rendang belalang. Lezatnya rendang dipadu gurihnya belalang, hanya bisa anda temukan di ranah Minang Nagari Sisawah kecamatan Sumpur Kudus kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Waktu yang paling pas untuk menangkap belalang yaitu pada malam hari. Belalang banyak terdapat di areal persawahan yang baru selesai panen.

Belalang biasanya hinggap di batang-batang padi yang baru dipotong. Menangkapnya pun tidak sulit. Hanya dengan penerangan obor atau lampu biasa, belalang jinak ini dengan mudahnya bisa ditangkap bahkan oleh anak-anak.

Di nagari Sisawah ini, warganya sudah terbiasa menangkap belalang untuk dijual ataupun di masak sendiri.

"Biasanya setiap habis panen, belalang banyak disini, semua orang mencari belalang untuk mereka masak atau dijual," kata Aliasmen, salah seorang warga Sisawah.

Untuk membuat masakan rendang belalang, langkah pertamanya adalah membuang kaki belakang belalang-belalang yang sudah berhasil ditangkap. Lalu siapkan bumbu-bumbunya, seperti cabe, bawang, daun kunyit, serai kemudian dihaluskan. Sedangkan bumbu utama rendang adalahkKelapa diparut, kemudian dioseng bersama bawang merah hingga berwarna coklat, lalu dihaluskan.

Untuk cara membuatnya, pertama masak santan dengan kuali dan perapian tungku kayu. Setelah mendidih, masukkan semua-bumbu yang sudah dihaluskan. Tunggu hingga mengental, dan barulah dimasukkan belalang.

Agar menghasilkan rendang belalang yang lezat dan gurih, masakan mesti diaduk selama dua jam lebih hingga kering dan berwarna kehitaman.

Setelah itu rendang belalang siap disajikan dan disantap bersama keluarga.

Belalang sudah menjadi makanan sehari-hari warga Sisawah, karna selain memang halal dimakan, rasanya juga gurih seperti udang. Selain itu, belalang juga banyak terdapat di daerah ini.

"Belalang sudah menjadi makanan sehari-hari warga Sisawah ini, apalagi pada musimnya, dan belalang ini enak diapakan saja, jadi rendang, gulai, di goreng, balado juga enak," kata Naswir, tokoh masyarakat Sisawah.