Alasan di Balik Mungilnya Daging Sate Padang

Alasan di Balik Mungilnya Daging Sate Padang
Perpaduan bumbu dan rempah-rempahnya yang sangat beragam, tak heran jika masakan khas Padang selalu membekas di lidah pecinta kuliner nusantara. Seperti Sate padang yang telah menginvasi di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Tetapi ternyata, ada beberapa fakta unik yang mungkin belum diketahui oleh sejumlah orang. Seperti asal usulnya dan bagaimana cara pengolahannya.

Kabarantau.com - Jika mendengar kata Padang, pasti yang terbayang adalah kelezatan kulinernya yang sangat khas. Tidak dapat dipungkiri bahwa, masakan khas Padang seperti rendang, ayam pop, hingga sate padang menjelma menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia.

Perpaduan bumbu dan rempah-rempahnya yang sangat beragam, tak heran jika masakan khas Padang selalu membekas di lidah pecinta kuliner nusantara. Seperti Sate padang yang telah menginvasi di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Tetapi ternyata, ada beberapa fakta unik yang mungkin belum diketahui oleh sejumlah orang. Seperti asal usulnya dan bagaimana cara pengolahannya.

"Sate padang termasuk makanan pelengkap ketika diselenggarakannya upacara keadatan. Makanan ini juga menjadi favorit para bangsawan," sebagaimana yang dilansir Okezone, Senin (10/10/2016).

Salah satu alasan mengapa sate padang menjadi makanan favorit bangsawan adalah karena pengolahannya yang menggunakan 17 bumbu khas Minang. Berkat perpaduan bumbu itulah, aroma yang dihasilkan makanan ini terasa sangat lezat menggugah selera para penikmatnya. (Baca Juga: Festival Danau Maninjau Lestarikan Kesenian Minangkabau)

Fakta uniknya lainnya adalah ukuran potongan dagingnya yang berbeda dengan jenis sate lainnya. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa daging sate padang dipotong dengan ukuran yang kecil.

Rata-rata memang menggunakan daging sapi dan dipotong kecil-kecil. Teksturnya yang kecil itu bertujuan agar daging sate lebih cepat matang ketika dibakar. Orang Indonesia kan jarang ada yang mau memakan daging setengah matang seperti steak-steak khas Amerika.