Kamu Anak Rantau? Nasib Kita Sama, Kamu Pasti Melakukan Ini Saat Kangen Rumah

Kamu Anak Rantau? Nasib Kita Sama, Kamu Pasti Melakukan Ini Saat Kangen Rumah
Menjadi anak kuliahan, kerja di kota orang lain harus betah dan tidak mudah mengeluh ya. Apa aja yang bisa kita lakukan di hari-hari free kita? Yuk simak !

Kabarantau.com - Kadang orang merasa senang jauh dari keluarga karena kebebasan yang akan dimiliki. Namun ternyata jauh dari kampung halaman alias merantau membuat kita merasakan kerinduan yang sangat amat. Bagaimana tak rindu ataupun sedih kalau di kota atau negeri orang ini kita harus bisa bertahan hidup sendiri. Sebab teman tak selalu bisa diandalkan seperti keluarga.

Tak jarang saat-saat sulit pun membuat kita semakin rindu akan rumah dengan kehadiran mereka. Kalau dipikir-pikir lagi ada benarnya juga kata orang, mau sebetah apapun kakita diperantauan tetap saja rasa-rasa rindu rumah tak bisa dihindari. Lalu apa yang harus dilakukan agar kehidupan rantau kita lancar karena memang belum saatnya pulang ke daerah asal, karena ada kewajiban yang harus diselesaikan. Menjadi anak kuliahan, kerja di kota orang lain harus betah dan tidak mudah mengeluh ya. Apa aja yang bisa kita lakukan di hari-hari free kita? Yuk simak !

1. Sibukkan Diri Dengan Part Time Di Akhir Pekan Atau Stay Di Kost Dengan Kegiatan Positif

Menjadi anak rantau memang harusnya punya banyak kegiatan. Nggak cuma main dengan teman kantor atau kuliah, tapi bisa dengan ikut jadi volunter sampai kerja part-time mungkin. Kalaupun ingin di kos saja, setidaknya punya stok film atau buku yang bagus, yang bisa mengalihkan perhatian kita.

2. Saat Home Sick Melanda Kita Lakukan Kegiatan Seperti Saat Di Rumah

Kita bisa menyibukkan diri belajar memasak makanan dari resep ibu kita sendiri, mungkin rasanya agak sedikit berbeda, tapi bukan secara isi dan wujud sudah mewakili? Setidaknya kakita bisa puas makan makanan favorit, karena membuatnya sendiri lebih hemat dibanding harus membelinya. 

3. Paling Enak Bila Memiliki Saudara Di Kota Rantau Walau Agak Jauh Bisa Main Pas Hari Libur

Setidaknya dengan main ke rumah mereka kita bisa merasakan kehangatan suasana rumah. Bisa merasakan makanan rumahan yang rasanya tak berbeda jauh, karena sebagai keluarga besar kita punya selera yang sama. Dan paling penting ada tempat di mana kita bisa melihat bayang-bayang ibu kita dari adiknya, atau ayah dari kakak kandungnya ini.

4. Kumpul Dengan Teman-Teman Yang Sedaerah Agar Bisa Berbagi Cerita Tentang Kampung Halaman

Selain saudara ada juga teman-teman sesama perantauan yang berasal dari satu daerah, yang bisa jadi tempat mencurahkan rindu. Sebab kita punya bahasa sehari-hari yang sama, selera makanan dan gaya bercandaan yang sama, sampai rasa-rasa senasib sebagai perantau yang juga sama pastinya. Kita ingin pulang ke kota asal, mereka pun demikian.

5. Komunikasi Intens Menjadi Penyemangatmu Di Kota Rantau, Sering-Seringlah Telepon Keluarga

Sebenarnya semakin canggih komunikasi, setidaknya rindu terhadap keluiarga terobati sementara waktu. Tinggal kita pilih, terus berkabar dengan mereka setiap saat lewat chat, atau sesekali di hari libur kita menelepon mereka yang sedang berkumpul. Bisa cukup mendengar suara mereka saja, atau sembari menatap wajah keluarga kita satu persatu lewat video call. Hal-hal itu bisa sedikit mengobati kerinduan yang sedang melanda kita.

6. Pulang Adalah titik Puncak Kerinduan Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Penawar Dalam Hidup

Tapi obat rindu tetap saja bertemu langsung, dalam artian pulang ke rumah. Sejauh apapun kita melangkah, pulang adalah tujuan akhir dari perantauan. Ada haru tersendiri saat kita merasakan hawa kota, rumah, dan keluarga setelah beberapa waktu jauh dari mereka. Dan rasanya semalam suntuk pun kurang untuk terus berbagi cerita dengan keluarga. Akan ada rasa kehangatan yang merasuk dalam hati saat kerinduan itu terobati.

Hal-hal diatas yang bisa kita lakukan saat kangen dengan orang rumah. Merantau itu sangat menyenangkan tapi resiko rasa rindu harus kita tahan. Seperti itulah balada anak rantau. Pernah ngerasain kan? Hehehehe