Wow, Padangpariaman Sedang Siapkan Dermaga Wisata Serupa Ancol

Wow, Padangpariaman Sedang Siapkan Dermaga Wisata Serupa Ancol
Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mulai menyusun perencanaan pembangunan dermaga wisata Marina B di Muaro Anai Kecamatan Batang Anai yang dapat menghubungkan sejumlah destinasi wisata bahari di provinsi itu.

Kabarantau.com - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mulai menyusun perencanaan pembangunan dermaga wisata Marina B di Muaro Anai Kecamatan Batang Anai yang dapat menghubungkan sejumlah destinasi wisata bahari di provinsi itu.

"Sekarang masih dalam tahap mempersiapkan studi kelayakannya serta persyaratan lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padangpariaman, Jon Kenedi di Parit Malintang, Sabtu.

Ia mengatakan apabila studi kelayakan selesai dan persyaratan lainnya telah lengkap maka tahun depan pihaknya akan mencari dana ke pemerintah pusat untuk membangun dermaga tersebut.

Ia menyebutkan dermaga tersebut dibuat menyerupai Ancol di Jakarta yang memiliki berbagai fasilitas wisata, kuliner, dan penginapan.

"Apabila ini bisa kita selesaikan maka dapat menambah pendapatan asli daerah Padangpariaman," katanya.

Ia mengatakan pengembangan Marina B berawal dari rencana mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Andrinof A. Chaniago yang ketika itu ingin mengembangkan kawasan Mandeh di Pesisir Selatan dan memanfaatkan potensi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman.

Ia menjelaskan konsep Andrinof tersebut yaitu wisatawan berwisata ke Mandeh dengan menaiki kapal wisata yang dermaganya dekat BIM di Padangpariaman.

Apabila pembangunan tersebut terwujud maka wisatawan asal provinsi lain hanya membutuhkan waktu satu hari untuk berwisata ke destinasi wisata bahari di Sumbar.

"Pagi wisatawan sampai di BIM dan langsung berangkat ke berbagai objek wisata bahari di Sumbar melalui Marina B, dan sorenya mereka bisa kembali ke daerahnya masing-masing melalui BIM," ujarnya.

Nantinya wisatawan dapat ke berbagai pulau tujuan wisata seperti Mentawai, Angso Duo di Pariaman, serta pulau-pulau yang menyajikan keindahan alam lainnya.

Namun apabila wisatawan merasa belum puas menikmati keindahan alam di Sumbar maka di Marina B juga tersedia penginapan, taman bermain, dan kuliner.

Selain itu, Padangpariaman juga menawarkan berbagai destinasi wisata pilihan yang patut dikunjungi oleh wisatawan, seperti Rumah Pohon di Batang Anai, Mountain View Bukik Siriah di Sungai Geringging, dan Nyarai di Lubuk Alung.

Masing-masing objek wisata itu memiliki keunggulan tersendiri yaitu dari Rumah Pohon wisatawan dapat melihat aktivitas BIM atau naik turunnya pesawat dan dari sana nantinya juga terlihat Marina B.

Objek wisata Mountain View mewarkan pemandangan hutan, laut dan pulau dari ketinggian serta daerah ini juga dijadikan sebagai desa wisata.

Sedangkan objek wisata Nyarai menawarkan wisata pertualangan bagi wisatawan yang menyukai wisata minat khusus. Di objek wisata itu wisatawan akan disuguhkan hutan yang masih asri serta pemandian alam yang masih terjaga. (*)

Anda Orang Minang, Harus Tahu dan Banggalah ! 
Silahkan di share dan di tag temannya jika bermanfaat, jangan lupa follow dan like yo sanak.
Jan lupo Follow ???? @Kabarantau
Jan Lupo Follow ???? @Kabarantau