Yuk Simak! Mengenal Karakteristik Masakan Nusantara

Yuk Simak! Mengenal Karakteristik Masakan Nusantara
Berikut adalah beberapa karakteristik dan ciri khas dari masakan Indonesia menurut Chef Widhi.....

Kabarantau.com - Kelezatan kuliner tanah Nusantara tak diragukan lagi. Aneka bumbu dan rempah-rempah yang digunakan di dalamnya menghasilkan rasa, aroma, warna, dan tekstur yang kuat pada masakan. Ini yang membuat kuliner Nusantara terkenal lezatnya.

Chef Widhi Joestiarto, seorang pakar kuliner mengatakan, setiap masakan Indonesia dari satu daerah dengan daerah lainnya memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri, terutama dalam hal bumbu.

Berikut adalah beberapa karakteristik dan ciri khas dari masakan Indonesia menurut Chef Widhi.

Masakan Sumatera Barat
Di daerah Sumatera, masakan yang begitu populer ialah masakan dari Minang atau yang dikenal dengan masakan Padang. Masakan ini terkenal memiliki karakter bersantan yang dikombinasi dengan cabai merah dan kunyit.
Rasanya didominasi dengan pedas dan gurih, dengan rempah-rempah yang sering digunakan ialah jahe, lengkuas dan daun jeruk purut. Biasanya masakan Padang dimasak dengan cara direbus, dipanggang serta digoreng dengan menggunakan bumbu dasar merah dan kuning.

Masakan Jakarta
Masakan Jakarta sering disebut sebagai masakan Betawi dan berevolusi dengan pengaruh berbagai masakan yang dibawa para pendatang, seperti Portugis, Belanda, Arab dan Cina. Karakteristik masakan Betawi memiliki rasa gurih yang dominan dan tidak terlalu pedas.
Biasanya bumbu dasar yang umum digunakan adalah bumbu putih dan kuning dengan rempah seperti jahe, lengkuas, salam dan serai. Metode memasak yang umum digunakan ialah direbus dan digoreng.

Masakan Jawa Barat
Masakan yang biasa dikenal dengan masakan Sunda ini terkenal selalu dilengkapi dengan lalapan segar ketika memakannya. Masakan Sunda sering menggunakan bumbu dasar putih dan kuning dengan rempah yang digunakan seperti sereh, salam dan lengkuas.
Dalam masakan Sunda juga sering ditemui cara memasak yang dikepul, dipanggang dan digoreng dengan bumbu tradisional dan dibungkus daun pisang agar lebih nikmat dan harum.

Masakan Jawa Tengah
Masakan khas daerah ini dipengaruhi oleh dua kerajaan kuno, yakni Yogyakarta dan Surakarta. Karakteristik dari makanan ini ialah manis dan kurang pedas.
Masakan Jawa ini sering menggunakan bumbu putih dan bumbu merah, serta rempah yang digunakan ialah sereh, salam dan lengkuas.