Wajib Tahu : 37 Fakta Menarik tentang Universitas Negeri Padang

Wajib Tahu : 37 Fakta Menarik tentang Universitas Negeri Padang
Kampus utamanya terletak di Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang. Sedangkan lokasi kampus lainnya terletak di Kota Bukittinggi, dan di Ulu Gadut, Padang. Berikut merupakan 37 fakta menarik tentang Universitas Negeri Padang. Yuk Simak !

Kabarantau.com - Universitas Negeri Padang (UNP) adalah Perguruan Tinggi negeri di Padang, Sumatera Barat, Indonesia, yang berdiri pada 8 Januari 1997. Rektor Universitas Negeri Padang sekarang adalah Prof. Drs. H. Ganefri, M. Pd., Ph. D. Kampus utamanya terletak di Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang. Sedangkan lokasi kampus lainnya terletak di Kota Bukittinggi, dan di Ulu Gadut, Padang. Berikut merupakan 37 fakta menarik tentang Universitas Negeri Padang:

1. Universitas Negeri Padang (UNP) dulunya merupakan salah satu fakultas di Universitas Andalas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

2. Pada tahun 2011, UNP menjadi salah satu dari 28 Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia, atau 50 Promising Indonesian Universities.

3. Budaya Minang yang kuat mewarnai motto dari UNP yang unik namun bermakna yakni 'Alam Takambang Jadi Guru' (Alam Terkembang Jadi Guru).

4. Ada lima warna dalam lambang UNP yang masing-masing memiliki makna sendiri-sendiri yakni: Hitam berarti keteguhan dalam menjalankan tugas, Biru berarti kedalaman dan kesejukan, Kuning berarti kebesaran dan keagungan cita, Merah berarti dinamis, kreatif, inovatif dan selalu terbuka terhadap pembaharuan, dan Putih berarti kesucian dan ketulusan.

5. Dalam lambang UNP terdapat bentuk absolut (lingkaran), yang berarti universitas senantiasa berdiri kokoh pada kebenaran ilmiah, serta berjuang dan berkembang berdasarkan kebenaran tersebut.

6. Bentuk relatif (bentuk-bentuk lainnya) berarti universitas selalu menerima kebenaran dari manapun datangnya, serta berkembang membawa misi sesuai dengan tugas yang diembannya.

7. Lingkaran melambangkan universitas melahirkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berkemampuan akademik dan profesional yang berkualitas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

8. Sayap melambangkan Universitas dinamis, kreatif dan inovatif dalam menjalankan misinya.

9. Tiga buku yang tersusun berjenjang melambangkan 'Tri Dharma Perguruan Tinggi'.

10. Api menyala melambangkan kecerdasan dan pencerahan tumpuan kehidupan dan perkembangan masyarakat, bangsa dan negara.

11. UNP memiliki gedung yang tersebar di beberapa kota, yakni di kota Air Tawar, Ulu Gadut, Sawah Lunto, dan Bukit Tinggi.

12. Universitas Negeri Padang pada saat ini mempunyai 8 fakultas dan 49 program studi, yang terdiri dari 28 Program Studi Kependidikan, 19 Program Studi Non-Kependidikan, dan 1 Program Pendidikan Profesi Konselor dan terbaru Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

13. UNP mengelola Program Pascasarjana (S2) yang terdiri atas 6 program studi dan 12 konsentrasi, program S3 dengan Program Studi Ilmu Pendidikan, dan program Magister Manajemen yang terdiri atas 1 program studi dengan 3 konsentrasi.

14. Program Pascasarjana (PPs) UNP telah dirintis sejak tahun 1981 dengan nama Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) di bawah binaan Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta dengan program studi Administrasi Pendidikan.

15. UNP bekerjasama tidak hanya dengan lembaga dalam negeri namun juga dengan 30 lembaga luar negeri, yakni ASAIHL, Deakin University (AUS), JICA-Jepang, dan 27 lembaga lainnya.

16. UNP mengikuti beberapa organisasi internasional seperti USINTEC (U.S. Indonesia Teacher Consortium) dan CAPEU (Consortium of Asia Pacific Education Universities).

17. Hampir sama dengan Unand, UNP memiliki bangunan rektorat dengan atap khas Minang.

18. Kampus UNP yang berada di kawasan Air Tawar pernah mengalami rusak berat ketika terjadi gempa 2009 bahkan sampai rata dengan tanah.

19. Masjid Raya al-Azhar UNP menjadi tujuan wisata karena kemegahan dan keindahan arsitekturnya.

20. UNP menerima bantuan pembangunan gedung oleh Islamic Development Bank dan ditambah dari pemerintah sebesar 23.000.000 USD (sekitar 246 Milyar).

21. Pada tahun 2014 Universitas Negeri Padang (UNP) akan membangun delapan gedung baru. Semuanya bangunan yang tahan gempa hingga 9 SR. Gedung itu juga akan berfungsi sebagai shelter jika terjadi tsunami.

22. Beberapa fasilitas yang dapat di temui di UNP adalah:

- Labor Psikologi dan BK (FIP)

- Labor Komputer (semua fakultas)

- Labor Bahasa (FBS dan Balai Bahasa)

- Labor Computer Assisted Language Learning (FBS)

- Labor Desain Komunikasi Visual (FBS)

- Labor Biologi, Fisika, dan Kimia masing-masing gedung 3 lantai (FMIPA)

- Labor Perhotelan, Tata Busana, Tata Boga, Tata Rias, dll (FT)

- Labor Terpadu Fakultas Teknik (semua jurusan seperti Pertambangan, Mesin, dll)

- Labor Geografi (FIS)

- Workshop dan Bengkel (FT dan FBS)

- Studio gambar, kriya, musik tradisi, musik modern, dll (FBS)

23. UNP juga memiliki beberapa fasilitas olahraga meliputi:

- Lapangan sepak bola, tenis, basket, hokey, voli, badminton,

- Gedung Olah Raga (GOR) UNP Pusat, 

- GOR PPSP Air Tawar

- GOR Kampus Lubuk Buaya

- Jogging Track

- Fitness Center

- International Swimming pool.

24. Universitas Negeri Padang (UNP) keluar sebagai juara Liga Futsal Mahasiswa (Lifuma) Sumatra 2014.

25. Beberapa beasiswa yang tersedia di UNP adalah GenBI dari Bank Indonesia, Bidikmisi, Kemkominfo, dan lain sebagainya.

26. Pada tahun 2014 UPT Puskom UNP merilis pembelajaran e-Learning yang diberi nama Learning Management System.

27. Prodi terfavorit di UNP yang memiliki peminat cukup banyak adalah PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

28. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang lebih tua dari usia kampus. Program pasca sarjana sudah dirintis sejak tahun 1981, sedangkan kampus baru berdiri tahun 1997.

29. Sebelum menjadi salah satu fakultas Unand, UNP pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batu Sangkar.

30. Pada tahun 1964-1965 UNP sempat bergabung dengan IKIP Jakarta dan menjadi cabangnya di Padang.

31. Selain sebagai universitas UNP juga memiliki lembaga Sekolah Laboratorium yang terdiri atas SMA, STM Laboratorium, dan Taman Kanak-Kanak pada tahun 1970.

32. Tahun 1999 merupakan tahun pertama UNP membuka Program Non-Kependidikan.

33. Salah satu gedung baru tahan gempa UNP yang dicanangkan dibangun IDB harus masih memakai gaya minang.

34.  UNP menjadi universitas kedua di Padang setelah Unand yang paling diminati.

35. Pendidikan Luar Biasa UNP dirintis sebagai respon dan kepedulian atas banyaknya anak berkebutuhan khusus di Indonesia yang perlu untuk dibina.

36. Pesan Moh.Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) ketika pelantikan rektor UNP adalah kampus harus pro rakyat miskin dengan keringanan biaya dan fasilitas yang merata.

37.  UNP merupakan salah satu Universitas yang memiliki kolam renang standar internasional di Indonesia.

Demikian merupakan "37 Fakta Menarik tentang Universitas Negeri Padang" yang semoga bermanfaat bagi Kamu yang ingin melangsungkan studi, ingin berkunjung di Universitas tersebut, atau sekedar ingin tahu tentang perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.