Inilah 7 Gunung Tertinggi Di Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Daki Minimal Sekali Seumur Hidup

Inilah 7 Gunung Tertinggi Di Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Daki Minimal Sekali Seumur Hidup
Sumatera barat merupakan provinsi yang terletak di bagian tengah pulau sumatera. Provinsi Sumatera Barat atau yang sering di singkat Sumbar, memiliki 29 gunung yang tersebar di 7 kabupaten/kota dari 19 di sumatera barat. Gunung yang menjadi posisi pertama tertinggi dengan ketinggian 2.920 MDPL adalah Gunung Talamau gunung tersebut berada di Kabupaten Pasaman Barat.

Kabarantau.com - Sumatera barat merupakan provinsi yang terletak di bagian tengah pulau sumatera. Provinsi Sumatera Barat atau yang sering di singkat Sumbar, memiliki 29 gunung yang tersebar di 7 kabupaten/kota dari 19 di sumatera barat. Gunung yang menjadi posisi pertama tertinggi dengan ketinggian 2.920 MDPL adalah Gunung Talamau gunung tersebut berada di Kabupaten Pasaman Barat. 

Pecinta Alam akan membahas 7 gunung tertinggi di sumbar, mulai yang tertinggi hingga ke nomor 7


1. Gunung Talamau  2,920 MDPL

Gunung Talamau menjadi gunung yang tertinggi pertama di SUMBAR dengan ketinggian 2,920 MDPL, gunung yang tergolong tidak aktif ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona, terdapat 13 telaga dan memiliki air terjun dengan ketinggian 100 meter yang bernama Air Terjun Puti Lenggo Geni.Jalur resmi Pendakian Gunung Talamau terletak di desa Pinaga.


2. Gunung Marapi 2.891 MDPL di Kabupaten Agam

Gunung marapi terletak di Agam dengan ibukotanya bukittinggi, gunung yang menjadi tertinggi nomor 2 ini tergolong gunung berapi yang aktif. Setelah Pendaki sampai di puncak gunung marapi, pemandangan indah pun akan terlihat sejauh mata memandang. Di puncak Gunung Marapi pendaki bisa melihat beberapa kawah yang masih ditutupi kabut asap putih. Selain itu rerimbunan edelweis dibalik pepohonan menjadi penghias pemandangan indah tersebut. Jika cuaca sedang cerah, akan terlihat Gunung Kerinci, Gunung Singgalang, Danau Maninjau dan Kota Bukittinggi


3. Gunung Singgalang 2.877 MDPL di kabupaten Agam

Gunung singgalang merupakan gunung yang tertinggii ketiga, terletak di Agam sumatera Barat, gunung dengan jenis gunung vulkanis yang sudah tidak aktif lagi. Gunung ini berjenis hutan gunung yang lembab dan banyak menyimpan kandungan air, jadi pendaki tidak perlu kesusahan jika kehabisan air saat mendaki gunung ini. gunung ini sangat indah, kita dapat melihat gunung marapi pada saat mendakinya

4. Gunung Talang 2.572 MDPL di Kabupaten Solok

gunung talang merupakan gunung yang terletak di solok, sumbar. gunung yang tertinggi ke empat ini terakhir meletus di tahun 2005.dan saat ini statusnya masih waspada. gunung ang menyuguhkan pemandangan yang indah ini sayang jika tidak sobat kunjungi.


5. Gunung Tandikat 2.438 MDPL di Kabupaten Padang Pariaman

Gunung Tandikat merupakan gunung yang tertinggi di tanah minangkabau kira kira 8 km dari kota padang. gunung yang menduduki ke 5 tertinggi di sumbar,tergolong gunung yang tidak aktif. kita bisa melihat danau maninjau dari puncak gunung ini.

6. Gunung Mande Rabiah   2.430 MDPL di Pesisir Selatan

Gunung Mande Rabiah adalah sebuah Gunung yang terletak di Pesisir selatan, Sumbar. yang memiliki ketinggian 2430 meter, atau setara dengan 7972 kaki.  Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Mande Rabiah ini berada di Sumatera barat. Apabila anda memiliki uang serta keberanian yang cukup anda bisa mengunjungi Gunung Mande Rabiah di Indonesia,  untuk melakukan pendakian maupun sekedar menikmati pemandangan alamnya (selama diijinkan oleh pemerintah setempat).  Gunung Mande Rabiah merupakan ciptaan Tuhan yang sempurna, kokoh dan indah yang harus kita syukuri dan kita pelihara.

7.Gunung Tambin 2.271 MDPL di Pasaman

Gunung Tambin adalah sebuah Gunung yang terletak di pasaman dengan ketinggian 2271 meter, atau setara dengan 7451 kaki.  Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Tambin ini berada di wilayah Asia.