Mau Tahu Penambangan Batu Bara Pertama di Indonesia? Kunjungi Lubang Mbah Soero

Mau Tahu Penambangan Batu Bara Pertama di Indonesia? Kunjungi Lubang Mbah Soero
Mau Tahu Penambangan Batu Bara Pertama di Indonesia? Kunjungi Lubang Mbah Soero

Kabarantau.com - Indonesia terkenal sebagai daerah penghasil batu bara terbesar di dunia. Tapi tahukah kamu di mana pertama kali penambangan batu bara dilakukan di Indonesia? Jawabannya adalah di Sawahlunto, Sumatera Barat. Seperti sudah kuceritakan pada artikel sebelumnya, untuk menuju ke sini tidaklah terlalu jauh dari kota Padang. Hanya perlu waktu lebih kurang 3 jam, itupun karena jalan menuju ke sana harus melewati perbukitan. Waktu perjalanan tidak akan terasa karena sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang aduhai.

Sesampai di kota Sawahlunto, kamu bisa langsung menuju lubang Mbah Soero yang terletak di pusat kota. Untuk masuk ke lokasi kamu harus membeli karcis yang harganya terjangkau. Setelah membeli karcis, kamu akan diberikan helm pengaman seperti layaknya helm penambang dan sepasang sepatu boot. Oh ya, untuk masuk ke lubang ini kamu akan ditemani oleh seorang pemandu yang sangat mengerti situasi maupun sejarah lubang Mbah Soero ini.

Menurut cerita, lubang ini dalam dan panjangnya dahulu beberapa kilometer. Namun sekarang yang dibuka untuk wisata hanyalah lebih kurang 200 meter saja. Walau hanya sepanjang 200 meter, kamu dipastikan bisa merasakan suasana asli lubang tambang. Di dinding kiri kanan lubang masih bisa terlihat batu-bara mentah. Karena itu, pemantik api tidak boleh dibawa masuk ke dalam. Karena lubang ini terletak dekat dengan kali, maka jangan heran jika kamu juga mendengar gemericik air.

Sumber batu bara di Sawahlunto ini pertama kali ditemukan oleh ahli geologi Belanda, De Groet pada tahun 1858. Sedangkan sejarah nama Mbah Soero ini berasal dari nama seorang mandor bernama Soerono yang disegani pada waktu itu. Soerono adalah seorang pesakitan yang didatangkan dari daerah Jawa untuk memimpin orang rantai. Sebelum dinamai Lubang Mbah Soero namanya adalah Lubang Soegar karena terletak di lembah Soegar. Banyak cerita menarik tentang lubang tambang ini, termasuk yang mistisnya. Kamu harus datang sendiri untuk mendengar segala cerita.

Tambang batu bara di Sawahlunto inilah yang menjadi cikal bakal tambang-tambang batu bara lainnya di Indonesia. Jika kamu datang ke Sumatera Barat, rugi besar jika tidak datang ke kota multi ras yang penuh sejarah ini. Dan di lokasi ini kamu juga bisa membuat foto-foto yang ciamik.