Inilah Kopi Telur Khas Minangkabau, Tingkatkan Kejantanan Pria

Inilah Kopi Telur Khas Minangkabau, Tingkatkan Kejantanan Pria
Inilah Kopi Telur Khas Minangkabau, Tingkatkan Kejantanan Pria

Kabarantau.comBagaimana rasanya jika segelas kopi disajikan dengan kuning telur mentah? Mungkin sebagian dari Anda membayangkan bau amis akan merusak aroma kopi, sehingga membuat perut terasa mual.

Namun mungkin saja Anda salah. Ternyata segelas kopi yang dicampur kuning telur bisa menjadi perpaduan yang sempurna. Kopi Talua namanya. Kopi Talua (yang artinya telur) adalah salah satu sajian minuman khas dari Minangkabau Sumatra Barat.

Sajian ini menggunakan kuning telur sebagai komponen utama racikannya. Kuning telur yang telah terpisah dari putihnya dimasukkan dalam gelas berisi susu kental manis dan ditambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis. Campuran ini kemudian dikocok hingga mengembang, lalu ditambahkan air seduhan kopi yang mendidih. 

Air seduhan kopi yang mendidih inilah yang berfungsi mematangkan telur saat pengocokan berlangsung. Proses ini menciptakan tekstur buih yang lembut pada minuman ini.

Meskipun banyak disajikan di beberapa rumah masakan padang, namun ternyata teknik peracikan kopi di masing masing rumah makan padang berbeda. 

Salah satu rumah makan Padang yang menyediakan kopi telur ialah rumah makan Sari Nusantara di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Jawa Timur. 

"Kebanyakan rumah makan padang ada minuman kopi telur," kata Rendjono Yudoputro, pemilik rumah makan itu ditemui VIVA.co.id.

Kopi telur yang disajikan Rendjono berbahan segelas air putih panas, kopi susu kemasan, kuning telur ayam kampung, gula, dan perisa vanila atau vanili. 

"Lebih bagus lagi kalau pakai kopi tumbukan sendiri. Telurnya ambil kuningnya saja," katanya menjelaskan.

Vanili dipakai untuk menghilangkan aroma amis yang ditimbulkan dari kuning telur saat bercampur dengan kopi. Atas alasan menjaga kerahasiaan, dia ogah membocorkan cara meracik minuman khas di rumah makannya itu. 

Cara khusus sepertinya memang dipakai Rendjono dalam meracik minuman khasnya itu. Dilihat dari sisi luar gelas, warna kopi tersebut terlihat seperti berlapis tiga. Bagian bawah berwarna kuning telur setengah matang, bagian tengah putih-kecokelatan, dan bagian atas berwarna cokelat kopi susu.

"Diaduk dulu sebelum diminum," ujar Rendjono.

Dia menambahkan, kopi telur bikinannya berkhasiat memompa semangat kerja dan mendongkrak kejantanan pria. Apalagi jika kuning telur yang dipakai ialah telur bebek atau angsa. 

Kopi telur racikannya dibanderol Rp20 ribu per gelas ia mengatakan banyak pegawai pemerintah yang mengunjungi warungnya hanya untuk mencicipi kopi telur buatannya.

"Beberapa pejabat dan pegawai Pemprov Jatim sering pesan kopi telur saya," ujarnya.