Inilah 5 Kuliner Sumatera Barat Paling Lezat Selain Nasi Padang

Inilah 5 Kuliner Sumatera Barat Paling Lezat Selain Nasi Padang
Inilah 5 Kuliner Sumatera Barat Paling Lezat Selain Nasi Padang

Kabarantau.com - Jangan di Sumatera Barat, Warung Nasi Padang di Jakarta saja melimpah. Namun siapa bilang kuliner Sumatera Barat yang paling enak hanya itu? Ternyata, banyak kok makanan khas provinsi ini yang terkenal dan tidak kalah lezat di lidah. Nah, kamu yang belum tahu, yuk lihat daftarnya berikut!


Palai Rinuak
Palai Rinuak [image source]

Kuliner pertama dari Sumatera Barat yang terkenal mantap adalah Palai Rinuak. Makanan yang berasal dari Maninjau Agam ini berupa ikan rinuak yang diberi campuran bumbu dan parutan kelapa. Selanjutnya, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang untuk dikukus. Nah, kamu yang penasaran dengan rasanya, coba mampir di sebuah kedai bernama Warung Palai Rinuak. Tempatnya cukup mudah ditemukan, tepatnya di tepian jalan di pinggiran Danau Maninjau.

Sala Lauak
Sala Lauak [image source]
Jika di Jawa ada weci, lain halnya dengan Sumatera Barat. Gorengan satu ini bentuknya bulat dan berbahan ikan asin yang telah dihaluskan. Campuran lainnya berupa tepung beras yang dibumbui bawang putih dan penyedap rasa. Teksturnya keras di luar dan lunak di dalam. Benar-benar enak dan memanjakan perut. Nah, kuliner khas Pariaman ini sangat mudah ditemukan di daerah Pasir (Pasiah), pesisir Pantai Pariaman.

Gulai Itiak
Gulai Itiak [image source]
Siapa nih yang penggila bebek? Wah, pasti tahu kan dengan nama Gulai Itiak? Yap, kuliner asal Sumatera Barat ini merupakan makanan yang berupa irisan daging bebek yang tipi dan dimasak bersama dengan bumbu rempah seperti cabe keriting hijau, laos, kunyit dan jahe. Nah, kamu yang penasaran dengan rasanya, bisa berburu kuliner di warung Gili (Gulai Itiak Lado Ijau) yang berada di Padang.

Nasi Kapau
Nasi Kapau [image source]
Nah, jika kamu berkunjung ke Bukittinggi dan tengah mencari makanan enak di sana, coba mampir ke Pasar Lantai Wisata Latai Dasar. Kamu bisa menemukan warung yang menyediakan menu masakan khas Sumatera Barat yang enak dan bikin ketagihan. Menu tersebut bernama Nasi Kapau yang berasal dari Kapau Sumbar, berisi sambal, lauk pauk, gulai sayur nangka. Meski rupanya sama dengan nasi Padang, namun rasanya berbeda.

Teh Telur
Teh Telur [image source]
Pernah dengar minuman satu ini? Bukan sembarangan, minuman khas Minangkabau ini merupakan campuran teh dengan talua atau telur dalam bahasa Minang. Campuran tersebut ditambahkan dengan gula untuk menciptakan rasa manis. Orang Minang percaya jika teh ini dapat menambah stamina. Saat ini, sudah banyak dijual di warung serta restoran ternama. Jadi, cukup berkunjung ke tempat makan, sudah bisa memesannya.

Teh Talua Minangkabau
Teh Talua Minangkabau [image source]
Sudah tahukan apa saja kuliner Sumatera Barat selain rendang? Tidak hanya enak dilihat, makanan di atas juga wajib kamu coba. Nah, kapan nih berburu kuliner ke sana?