Telaga Ajaib di Jorong Babukik dan Jorong Halalang. Kenapa disebut ajaib?

Telaga Ajaib di Jorong Babukik dan Jorong Halalang. Kenapa disebut ajaib?

Kabarantau.com - Ayo jalan-jalan ke Sumatera Barat, kamu akan disambut dengan rumah-rumah khas Minangkabau yang langsung menarik perhatian. Wisata di wilayah ini pun beragam, meski kebanyakan berupa perairan karena dekat dengan laut. Yang tak boleh dilewatkan adalah Telaga Ajaib di Jorong Babukik dan Jorong Halalang. Kenapa disebut ajaib? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Danau Tarusan Kamang merupakan salah satu wisata Sumatera Barat yang dikenal juga sebagai Telaga Ajaib. Keindahannya yang serupa dengan Kashmir ini memang luar biasa, tapi bukan ini lho yang menjadi alasan keajaibannya.

Hamparan hijau segar ini biasanya digunakan masyarakat untuk menggembalakan ternak. Dijadikan tempat wisata untuk ngadem juga boleh, ya. Sejuuk!

Namun, di saat-saat tertentu, lapangan hijau ini akan digenangi air. Bukan dari hujan, namun kabarnya air-air yang akhirnya membentuk danau keluar dari celah-celah batu. Nah, ajaib banget kan?

Letaknya di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bisa ikuti arahan dari GPS di ponsel kamu untuk menemukannya.

Saat sudah menjadi danau dengan air di tengah begini, pemandangan di Tarusan Kamang jadi lebih cantik. Bahkan ada Penduduk setempat yang menjadikannya sebagai lokasi bersepeda. Wah, berolahraga dengan pemandangan asri begini, pasti betah deh.

Danau ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali surut. Menurut warga setempat, Tarusan Kamang sudah berumur kurang lebih 70 ribu tahun. Dan karena fenomena ini, tidak ada satupun penduduk yang membangun rumah di atasnya.

Perbukitan di sekitarnya, memiliki umur yang lebih tua lagi. Wah, warisan alam seperti ini harus kita jaga kelestariannya. Setuju, kan?

Suasananya yang sejuk, juga panoramanya yang indah membuat lokasi ini sering dijadikan destinasi liburan keluarga. Piknik di rerumputan begini sambil menatap danau yang tenang, terdengar sangat menyenangkan, ya.

Saat sedang pasang, kamu bisa mencoba menyeberang dengan perahu tradisional yang ada. Jangan lupa diabadikan lewat foto, ya. Bisa jadi saat kamu berkunjung lagi, danau ini sudah menjadi hamparan rumput saja.

Selain unik dan ajaib, tempat wisata yang satu ini juga sangat cantik. Foto yang diambil dari segala sudut, hasilnya pun bagus. Apalagi kalau bukan karena kebersihannya yang terjaga. Kamu-kamu yang berkunjung, harap tetap menjaganya, ya.

Selain bersih, Danau Tarusan Kamang juga sangat romantis, lho. Ajak si dia untuk mendayung bersama. Kamu juga bisa melakukan pemotretan preweddingmu. Indah, bukan?

Wah, sudah berusia puluhan ribu tahun, perairan cantik ini tetap indah. Semoga anak cucu kita kelak juga masih bisa menikmati wisata Sumatera Barat ini ya. Setuju, kan?

Sumber