Inilah 12 Hal Istimewa yang Membuat Orang Minang Sangat Bangga

Inilah 12 Hal Istimewa yang Membuat Orang  Minang  Sangat Bangga
Inilah 12 Hal Istimewa yang Membuat Orang Minang Sangat Bangga

Kabarantau.com - Berikut ini adalah hal-hal yang membuat orang Minang bangga menjadi bagian dari Sumbar,  sekaligus bagian dari Republik ini

1. Rendang, makanan terlezat nomor 1 di dunia

Orang Minangkabau di Sumatra Barat memang harus bangga mempunyai masakan Rendang yang sangat enak itu. Bahkan kuliner Rendang  ini dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terlezat nomor 1 di dunia.

Tidak ada lagi selain itu. Selain enak, rendang juga tahan lama. Konon orang Sumbar zaman dulu apabila  naik haji bawa Rendang ke Mekkah. Bisa tahan lama soalnya.

2. Sistem kekerabatan Matrilineal terbersar di dunia

Orang Minang di Sumatra Barat atau Sumbar terutama suku Minangkabau menganut sistem kekerabatan Matrilineal yaitu garis keturunan berdasarkan garis keturunan ibu. Suku bagi orang Minangkabau juga diturunkan berdasarkan sistem Materilineal ini, artinya suku anak akan mengikut kepada suku ibunya.

Konon sistem matrilineal ini adalah sistem kekerabatan tertua dan etnis Minangkabau adalah salah satu etnis di dunia yang masih menganutnya sampai saat ini. Selain Minangkabau, suku Mosuo di Yunnan China juga masih menggunakan sistem matrileneal.

3. Kulinernya yang memanjakan lidah

Tak cuma rendang, Sumatra Barat atau Minangkabau masih banyak menyimpan kuliner yang bisa memanjakan lidah. Adalah rugi besar kalau bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumbar tapi tak bisa mengeksplore kulinernya.

4. Budaya merantau yang membuat orang Minang ada di mana-mana

Orang Sumbar terutama orang Minang terkenal dengan budaya merantau. Ini membuat orang minang ada dimana-mana. Bahkan ada yang mengatakan, "Kalau di bulan ada manunisia, mungkin disana sudah ada warung nasi Padang."

5. Mentawai yang unik

Mentawai yang merupakan salah satu Kabupaten di Sumbar terkenal ke seluruh dunia karena ombaknya yang banyak digemari para pecinta olahraga Surfing. Mentawai juga memiliki budaya dengan tradisi yang sangat khas. Bahkan mendiang Paul Walker, salah satu pemeran di film Fast and Farious sangat mencintai Mentawai.

Selain itu Mentawai juga terkenal karena kebudayaannya. Tatto Mentawai konon merupakan salah satu tatto tertua di dunia dan sangat unik.

6. Tokoh-tokoh nasional dan pujangga asal Sumatera Barat

Sejak zaman penjajahan hingga zaman kemerdekaan bahkan hingga kini banyak tokoh-tokoh asal Sumbar yang ikut berperan dalam membangun NKRI. Bung Hatta misalnya sang proklamator yang ikut memproklamirkan bangsa Indonesia. Kemudian ada Tan Malaka dan masih banyak lagi.

Selain banyak melahirkan para tokoh dan pahlawan bangsa, Sumbar juga terkenal banyak melahirkan penulis dan sastrawan terkemuka. Ingat kalau banyak pujangga besar di Republik ini lahir dari ranah Minangkabau ini.

7. Jam Gadang, ikon kota Bukittinggi yang ada dua di dunia

Jam Gadang, landmark Kota Bukittinggi ini sangat istimewa. Pasalnya, mesin Jam Gadang ini hanya ada dua di dunia, satu di Bukittinggi dan satu lagi di Big Ben Inggris.

8. Jembatan  layang kelok 9, mahakarya anak bangsa

Jembatan Layang Kelok 9, sebuah konstruksi jembatan di Kabupaten Limapuluh Kota yang dibangun di kawasan Kelok 9. Jalur yang menghubungkan Sumbar dengan Propinsi Riau ini mempunyai panjang 2.089 dengan enam buah jembatan yang berdiri megah diantara perbukitan di Kelok 9.

Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono yang datang meresmikan Jembatan Layang Kelok 9 ini bahkan sangat mengagumi keindahannya serta pemandangan alam di sekitaranya.

9. Rumah makan Padang yang terkendal di seantero Nusantara

Dimana ada orang minang, maka disitulah ada Rumah Makan Padang. Kebanyakan orang Minang kalau merantau kalau tidak berdagang maka mereka pasti membuka Rumah Makan Padang dengan Nasi Padangnya. Di Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur ada Rumah Makan Padang.

10. Penyanyi Minang yang sudah go internasional

Musik Minang pernah mengalami masa kejayaannya, terutama pada generasi Tiar Ramon dan Elly Kasim. Kedua penyanyi tersebu,t bahkan mampu membawa musik Minang tampil secara nasional bahkan hingga ke luar negeri.

11. Siti Nurbaya dan Malinkundang

Siti Nurbaya dan Malin Kundang, meskipun keduanya sebenarnya adalah cerita yang tragis, namun kita tetap bisa mengambil pelajaran darinya. Cerita Siti Nurbaya karangan Marah Rusli bahkan terkenal hingga kini dari generasi ke generasi. Sama halnya dengan cerita rakyat Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada ibunya.

12. Gadis Minang yang cantik serta pandai memasak

Gadis Minang memang memikat, mereka tidak hanya cantik tapi juga mempunyai jiwa yang baik serta jago memasak tentunya. Bukti shahih kecantikan wanita Minang adalah Wulandari Herman yang memenangkan ajang Putri Indonesia tahun 2013 lalu.

Itulah hal-hal yang bisa membuat kita bangga menjadi warga Sumbar. Ada yang mau menambahkan?