4 Fakta “Tak Tun Tuang” Lagu Minang yang Lebih Viral di Luar Negeri Ketimbang Indonesia

4 Fakta “Tak Tun Tuang” Lagu Minang yang Lebih Viral di Luar Negeri Ketimbang Indonesia
4 Fakta “Tak Tun Tuang” Lagu Minang yang Lebih Viral di Luar Negeri Ketimbang Indonesia

Kabarantau.com - Ternyata beberapa waktu yang lalu muncul lagi hal serupa. Ya sebuah lagu asli Indonesia  berjudul Tak Tun Tuang ternyata jadi viral di tiga negara.  Usut punya usut, lagu ini berasal dari Tanah Minang yang kemudian dibuat versi baru oleh seorang penyanyi bernama Upiak Isil. Bahkan saking viralnya, sang penyanyinya sendiri sampai-sampai harus tour ke beberapa negara.  Berikut ulasan fakta mengenai lagu tersebut.

Siapa sangka lagu yang viral di beberapa negara ini ternyata merupakan lagu asli Minang yang sebenarnya sudah bahkan sejak tahun 2016. Ya, penyanyi aslinya sendiri adalah Upiak Isil salah satu penggiat lagu dan budaya Minang. Nah sedangkan makna "Tak tun tuang" sendiri tidak ada makna khusus yang terkandung di dalamnya melainkan coletahan belaka.

Orang Minang dulu sebenarnya sudah mengenal kata "Tak Tun Tuang" yang biasa dinyanyikan di jalanan, namun oleh Upiak Isil dibuat lah model barunya yang terkesan kocak dan enak di dengar di telinga. Alhasil kini lagu asli Minang ini ternyata viral di beberapa negara.

Negeri Jiran sedang kerajingan dengan "Tak Tung Tuang" hingga sekarang

Berawal dari salah satu artis Malaysia yang melakukan parody lagu Minang ini, kemudian banyak orang yang mulai ikut-ikut kerajingan juga. Alhasil banyak cover lagu mengenai "Tak Tun Tuang" oleh netizen Malaysia yang tersebar di dunia maya. 

Tidak sampai di situ, bahkan penyanyi aslinya Upiak Isil sampai diundang dalam sebuah ajang pencarian bakat menyanyi di stasiun TV Malaysia sebagai bintang tamu. Kini nama Upiak Isil sendiri jadi sangat terkenal di negeri jiran, dan video klip Tak Tun Tuang di youtube pun menjadi umum jika diputar di acara musik di Malaysia. 

Berawal dari Malaysia menyebar hingga ke negeri Gajah Putih

Ternyata bukan hanya negeri Jiran yang juga doyan dengar lagu Tak Tun Tuang ini, Thailand pun ikut kerajingan. Ya semua itu juga dimulai dari ke viralannya di negeri jiran kemudian beberapa netizen Thailand yang melihat hal itu jadi mulai ikut-ikutan.

Uniknya di negeri gajah putih ini, lirik lagu kadang tidak di ubah sama sekali dari yang versi Minang, sehingga beberapa netizen sempat terbata-bata saat menyanyikannya khas dengan logat Thailand. Tak selang lama, ternyata juga ada netizen yang menerjemahkannya dengan bahasa mereka. Uniknya lagi, serupa dengan yang ada di Malaysia, Upiak Isil juga sampat diundang ke Thailand sebagai bintang tamu di sebuah acara televisi.

Sebuah aset bangsa yang jangan sampai disia-siakan

Ke viralan Tak Tun Tuang ini di luar negeri, ternyata juga membuat seorang youtuber bule untuk juga ikut mengarasemen ulang lagu asli Minang ini. Kalau para bule saja kepincut, bisa dibilang ini adalah sebuah aset bangsa dalam memperkenalkan budaya dan bahasanya, terutama dari etnis Minang agar mendunia.

Namun sayang kadang orang Indonesia sendiri justru jarang mendengar lagu ini bahkan lagunya sangat jarang di putar di  televisi atau radio-radio setempat. Padahal "Tak Tun Tuang" ini punya kemungkinan besar untuk jadi "Om telolet om" jilid dua.

Kita mesti bangga jika lagu Minang ini bisa sampai menjadi hal yang viral di beberapa negara. Namun di sisi lain harus lebih introspeksi diri mengapa jarang ada pula yang menviralkannya di negeri sendiri.  Jangan sampai hal asli bumi pertiwi dicaplok lantaran penduduk aslinya enggan menekuni.

Sumber : http://www.boombastis.com