Ingin Tahu Sifat Suku Caniago, Minang? Lihatlah dari Sejarah Suku Ini

Ingin Tahu Sifat Suku Caniago, Minang? Lihatlah dari Sejarah Suku Ini
Sifat dan watak seseorang dapat dilihat dan ditakar dari latar belakang kehidupannya. Demikian juga sifat dan watak sebuah suku atau marga. Apalagi misalnya, kita mengetahui pula tentang sejarah perkembangannya.

Kabarantau.com -  Sifat dan watak seseorang dapat dilihat dan ditakar dari latar belakang kehidupannya. Demikian juga sifat dan watak sebuah suku atau marga.  Apalagi misalnya, kita mengetahui pula tentang sejarah perkembangannya.

Di situlah kita bisa melihat dan menakar sifat dan watak orang-orang Caniago di Minangkabau Sumatra Barat. Bahwasanya, suku Caniago ini merupakan para perantau sejati. Watak pertualangannya itu dibarengi dengan kegemaran mereka dalam berdagang.

Dari kebiasaan merantau dan berdagang inilah yang mengantar mereka untuk menempati daerah-daerah di pesisir pantai di Sumatera Barat. Jarang orang Caniago itu tinggal di daerah pegunungan. Orientasi hidup mereka selalu di pantai karena berkaitan dengan berdagang itu.

Karena gemar merantau dan berdagang itulah orang-orang Caniago mudah beradaptasi dengan orang-orang dari suku lain di Nusantara ini. Mereka pun membentuk sifat dan karakter yang mudah bergaul dengan orang lain. Sehingga, sifat utama mereka memang sangat terbuka dan familiar.

Dengan naluri dasar bertualang itu pula yang membuat orang-orang dari suku Caniago  sering menikah dengan orang-orang dari suku atau marga lain. Sehingga, keturunan orang-orang dari suku Caniago ini bercabang ke mana-mana di Nusantara ini, bahkan telah banyak orang-orang Caniago yang kawin dengan orang-orang dari negara lain.

Maka, sifat orang Caniago itu terbuka, ramah, tidak cerewet, mudah bergaul dan beradaptasi. Mereka juga termasuk orang-orang pekerja keras.  Dan dalam kehidupan berorganisasi atau dalam kebersamaan, mereka selalu mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat.

 
Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber