7 Tempat Wisata Luar Negeri Ini Juga Terdapat Di Sumatera Barat Lho

7 Tempat Wisata Luar Negeri Ini Juga Terdapat Di Sumatera Barat Lho

Kabarantau.com - Sumbar banyak memiliki tempat-tempat wisata keren dan indah luar biasa. Mulai dari dari puncak gunung sampai ke dasar lautan. Dari semua tempat wisata tersebut ada beberapa objek wisata di Sumbar yang sering dimirip-miripin dengan tempat di luar negeri. Ada yang emang mirip dari sananya (faktor alam) dan ada yang emang sengaja dibikin mirip, seperti 7 destinasi wisata di Sumbar berikut ini:

PADANG MANGATEH & NEW ZEALAND

Gimana? Mirip kan? Padang Mangateh adalah sebuah lokasi di Kabupaten Limapuluh Kota. Tempat ini memiliki padang rumput yang sangat luas. Nah, di tempat inilah dibangun Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU). Jadi di padang rumpung Padang Mangateh ini banyak sapi-sapi unggulan yang dibiarkan lepas makan rerumputan, suasanya ini mirip di New Zealand sana. Makanya, Padang Mangateh sering dimirip-miripin dengan New Zealand karena sacara alami memang mirip.

JANJANG SARIBU & TEMBOK BESAR CINA

Tembok besar di China mempunyai panjang 8.000, dan walau nggak sepanjang itu di Bukittinggi juga ada bangunan serupa dengan nama Janjang Koto Gadang. Objek wisata di Bukittinggi ini baru beroperasi dalam beberapa tahun belakangan. Janjang Koto Gadang sendiri menghubungkan Kota Bukittinggi dengan Koto Gadang, Agam melewati Ngarai Sianok. Dan jika pergi ke Janjang Koto Gadang ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah alam Ngarai Sianok. Apalagi di sepanjang perjalanan wisatawan juga bisa menjumpai adanya monyet-monyet liar.

JAM GADANG DAN BIG BEN DI INGGRIS

Big Ben adalah nama menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster, London. Menara jam yang mirip dengan Big Ben ini juga ada di Sumbar, tepatnya di Bukittinggi yaitu Jam Gadang. Jam Gadang sendiri dibangun pada tahun 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris atau controleur Fort de Kock (Bukittinggi).

Saat ini Jam Gadang menjadi landmarknya Kota Bukittinggi yang setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Menara jam yang memiliki tinggi 26 meter ini bisa dibilang mirip dengan Big Ben di London, karena mesin jam ini sama dengan Big Ben di London.

GEMBOK CINTA PUNCAK CEMARA & GEMBOK CINTA PARIS

Ingin menyatakan kesetiaan dengan gembok cinta? Sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Paris, Perancis karena di Sumbar juga ada tempat yang mirip. Adalah Monumen Kesetiaan di Puncak Cemara di Sawahlunto yang belum lama ini diresmikan. Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata di Sawahlunto saat ini. Di Monumen Kesetiaan ini Kamu dan Pasanganmu bisa mengikrarkan kesetiaan dan mengikatnya melalui gembok dan membuang kuncinya ke bawah. Gimana? Mau ke sini?

TULISAN SAWAH LUNTO & HOLLYWOOD

Selain Monumen Kesetiaan, Sawahlunto juga punya tempat lain yang mirip dengan di luar negeri, yaitu tulisan SAWAHLUNTO di sebuah bukit di kota tersebut yang mirip dengan tulisan Hollywood di Amerika sana.

LEMBAH HARAU – LEMBAH YOSEMITE

Tahu Lembah Yosemite di Sierra Nevada, California, Amerik Serikat? Itu loh tempat yang jadi wallpapernya Mac OS X. Lembah ini sangat terkenal dan sudah dikunjungi jutaan orang dari seluruh penjuru dunia. Selain itu tempat ini juga tempat favorit bagi fotografer landscape.

Nah, di Sumbar ada tempat yang mirip dengan Lembah Yosemite, yaitu Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Limapuluh Kota. Saking miripnya, Lembah Harau bahkan dijuluki sebagai Yosemite-nya Indonesia. Jadi, kalau mau ke Yosemite nggak usah jauh-jauh ke Amerika, ke Kabupaten Limapuluh Kota aja. Nggak kalah indah kok.

NGARAI SIANOK – GRAND CANYON

Ingin melihat lembah dengan tebing-tebing tinggi ala Grand Canyon, Amerika? Nggak perlu jauh-jauh, di Sumbar ada tempat yang dijuluki Grand Canyon of Indonesia. Yak, benar itu adalah Ngarai Sianok di Bukittinggi. Ngarai Sianok merupakan lembah diapit oleh dua tebing raksasa dan ditengahnya terdapat aliran sungai. Ngarai ini tercipta akibat peristiwa tektonik yang terjadi ratusan tahun silam. Saat ini Ngarai Sianok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bukittinggi.

Sumber