4 Makhluk Mistis Legendaris Dari Tanah Minang

4 Makhluk Mistis Legendaris Dari Tanah Minang

Kabarantau.com - Etnis Minangkabau merupakan satu dari puluhan bahkan ratusan etnis di tanah air yang punya budaya, adat dan kesenian khas yang sangat beragam. Tidak hanya itu etnis Minang juga punya kisah legenda yang menarik untuk diketahui, salah satunya adalah legenda makhluk mistis mengerikan. Tanah Minang yang terkenal dengan rendangnya, ternyata menyimpan sejumlah kisah akan makhluk mistis dengan sosok mengerikan, seperti apa makhluk mistis Minangkabau? Berikut ulasannya.

Orang Bunian

Orang bunian merupakan sosok makhluk yang dipercaya sebagai perwujudan makhluk gaib yang mendiami hutan-hutan pedalaman. Makhluk ini sudah sangat melegenda bagi masyarakat Minang dan Melayu, bahkan konon makhluk yang kerap di samakan dengan wujud manusia punya kekuatan gaib yang sangat hebat dan biasanya sering mengganggu anak kecil yang bermain ke dalam hutan. Meski dipercaya namun legenda orang bunian kini masih menjadi misteri.

Palasik

Makhluk ini cukup menggambarkan seperti apa hubungan hal-hal mistis dengan adat dan budaya masyarakat tanah air. Palasik menurut kepercayaan masyarakat Minang merupakan sosok manusia yang punya kekuatan gaib. Sekilas dalam legendanya sosok makhluk ini memiliki perwujudan yang identik dengan leak atau sosok kuyang. Pasalnya, perwujudan dan kisah-kisah legendanya juga punya kemiripan. Palasik menurut kepercayaan masyarakat Minang adalah sosok makhluk mistis yang berwujud kepala manusia yang terbang bersama dengan isi perutnya yang terburai. Konon, sosok makhluk ini sering mencuri bayi-bayi yang baru dilahirkan atau yang sudah meninggal untuk dijadikan santapan demi memperdalam ilmu hitamnya.

Antu Aru Aru

Antu aru aru juga dikenal sebagai sosok makhluk gaib bagi masyarakat Minang. Sosok hantu ini dipercaya sering mengganggu manusia dengan menculik anak-anak atau orang dewasa yang kemudian disembunyikan di atas pohon waru.

Panangga

Sosok makhluk mistis ini sebenarnya hampir sama dengan sosok palasik, dimana menurut kepercayaan masyarakat setempat, sosok makhluk mistis ini juga sebenarnya hanya seorang manusia yang tersesat dengan ilmu gaib yang di dalaminya. Namun, di beberapa daerah di Minangkabau sosok ini diyakini sama sekali tidak membahayakan manusia. Dalam kisahnya makhluk ini biasanya mengganggu koki yang sedang memasak rendang. Ya, panangga konon sangat suka dengan rending, tapi kalau memang benar makhluk ini sering mengganggu koki yang sedang memasak rending sepertinya cukup mengerikan. Pasalnya saat "beraksi" sosok makhluk ini juga akan melepas sebagian tubuhnya dan melompat-lompat untuk mencari rendang.

Sumber