Suhatman Imam, Legenda Sepak Bola Sumatra Barat

Suhatman Imam, Legenda Sepak Bola Sumatra Barat

Kabarantau.com - Spartan Enterprise, selaku event organizer Minangkabau Cup 2017, memberikan penghargaan khusus kepada legenda hidup sepak bola nasional asal Sumatera Barat, Suhatman Imam. Mantan juru racik formasi Semen Padang itu menerima penghargaan seumur hidup.

Apresiasi yang dibungkus dengan tribute to Suhatman Imam itu ditandai dengan pemberian sepatu emas kepada anutan sekaligus inspirasi pelaku sepak bola yang pernah menembus Timnas Indonesia era 1975-1977 pada saat usianya yang masih sangat muda, 19 tahun.

Semasa berkostum Timnas Indonesia, Suhatman merupakan langganan tim inti bersama nama-nama besar lain macam Iswadi Idris, Anjas Asmara, Junaidi Abdillah, Suaeb Rizal, Ronny Pattinasarani, Ronny Pasla, Risdianto, Waskito, Johanis Auri, Oyong Lisa, dan Sutan Harharah. Suhatman merupakan orang Minang pertama yang memperkuat tim nasional nama Indonesia di berbagai kejuaraan internasional.

Penghargaan untuk Suhatman tersebut diserahkan langsung oleh pimpinan Spartan Enterprise, Hardimen Koto pada pembukaan turnamen Minangkabau Cup 2017 di Stadion Haji Agus Salim Padang.

Hardimen mengungkapkan penghargaan seumur hidup itu sangat wajar diberikan kepada Suhatman setelah semua yang diberikan untuk perkembangan sepak bola di Indonesia, khususnya bagi klub-klub yang berasal dari Sumatera Barat.

Ia juga meyakini pemikiran Suhatman masih dibutuhkan klub asal Sumatera Barat seperti Semen Padang FC dan PSP Padang. "Hampir setengah abad dari perjalanan hidup Suhatman Imam didedikasikan untuk sepak bola. Penghargaan ini sudah sangat wajar," kata Hardimen.

Terakhir, Hardimen menegaskan sepatu emas untuk Suhatman Imam merupakan bentuk terima kasih insan sepak bola ranah minang terhadap dedikasi sang legenda kepada bangsa dan kampung halaman, Sumatera Barat.

Sumber