Menikmati Alam New Zealand di Ranah Minang

Menikmati Alam New Zealand di Ranah Minang

Kabarantau. com - Jika Anda ingin menikmati suasana dingin dan sejuk di hamparan padang rumput luas New Zealand, tidak perlu jauh-jauh dan merogoh kocek terlalu dalam untuk ke sana. Sebab, Indonesia juga punya tempat yang tak kalah indahnya.

Tempat itu tepatnya terletak di Padang Mangateh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Di daerah ini terdapat hamparan padang rumput hijau dan luas, dengan sapi-sapi yang merumput di atasnya. Peternakan ini dijuluki New Zealand Indonesia.

Kawasan padang rumput tersebut sebenarnya adalah kawasan peternakan ternak unggul milik Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mangateh (BPTU HPT).

Dilansir dari situs toursumbar.info, peternakan ini adalah warisan kolonial Hindia Belanda yang didirikan tahun 1916, yang dala perkembangannya menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara.

Lahan peternakan seluas 280 hektare tersebut semakin indah dengan hadirnya Gunung Sago. Kecantikan alam dan kesejukan udaranya banyak menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

Sayangnya, akibat ulah para pengunjung yang tak bertanggungjawab dan menganggu ternak, kawasan tersebut sudah tidak bisa diakses secara bebas oleh masyarakat umum sejak 4 Januari 2016.

Untuk menikmati keindahan alam di sana, pengunjung harus mengajukan permohonan kunjungan ke BPTU HPT melalui situs www.bptupadangmengatas.com dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sumber