Inilah Muslimah Berdarah Minang yang Mampu Memperkenalkan Songket di Kancah Internasional

Inilah Muslimah Berdarah Minang yang Mampu Memperkenalkan Songket di Kancah Internasional

Kabarantau.com - Kekayaan budaya leluhur bisa dipotret lalu diabadikan melalui banyak media, salah satunya media busana. Perancangan busana bisa didesain sedemikian rupa untuk bisa menangkap nilai budaya, tergantung bagaimana kreativitas desainer.

Busana merupakan kebutuhan primer manusia yang juga mencitrakan identitas pemakainya. Penerapan nilai budaya dalam rancangan busana menjadi tantangan menarik dan menyenangkan bagi para desainer untuk mengingat budaya dari leluhurnya.

Penerapan nilai budaya dalam rancangan busana salah satunya bisa mengambil ciri khas kain tradisional. Hal inilah yang dilakukan oleh desainer tanah air, Ria Miranda.

Ria Miranda merupakan muslimah berdarah Minang yang sangat mencintainya kekayaan budaya leluhurnya. Untuk membuktikan hal tersebut, Ria menorehkan desain kain songket Minang ke dalam desain karyanya.

Desain Ria Miranda tersebut dapat dilihat melalui koleksi busana kaftan dengan print pattern kain songket Minang.

'Untuk sekarang, aku pribadi sih ingin eksplorasi dan lebih mengembangkan lagi kain-kain khas Minang. Ya, karena aku kan asli berdarah Minang,' ungkap Ria seperti yang dilansir darilifestyle.okezone.com. Jakarta, (18/10).

Ria Miranda kerap mengharumkan nama Indonesia di kancah mancanegara dengan menggelar Fashion Show Muslim. Karya-karyanya mendapat respons positif dari masyarakat Muslim di luar negeri seperti Amerika.

Sumber