Inilah 7 Fakta Unik Jembatan Kelok 9 di Sumatera Barat

Inilah 7 Fakta Unik Jembatan Kelok 9 di Sumatera Barat

Kabarantau. com - Sumatera Barat (Sumbar) punya banyak sekali daya tarik yang mampu memikat para wisatawan yang berkunjung. Selain pesona alam dan kulinernya, Sumbar punya jalan yang berkelok 9. Jembatan ini punya banyak tikungan yang mengerikan.

Jalanan beraspal mulus dengan sembilan tikungan dan berdiri di atas tiang beton setinggi 58-70 meter, dengan panjang sekitar 2,5 kilometer, punya banyak keunikan. Kabare.com mencatat ada 7 keunikan dari jembatan kelok 9 yang sangat mempesona itu.

Berikut 7 fakta unik hasil rangkuman dari berbagai sumber.

1. Lokasi Kelok 9

Kalau ada yang bertanya dimana letak kelok 9? Jawabannya adalah di Kabupaten Limapuluh Kota, tepatnya di Joron Aie  Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau. Jadi bukan di kota Payakumbuh ya...

2. Usia Tua

Hayo tebak, berapa usia jembatan kelok 9? Pasti belum pada tahu kan? Nah jembatan ini usianya sudah sanngat tua, karena dibangun sejak tahun 1908. Pembangunannya sendiri rampung pada tahun 1914. Jadi sekitar 6 tahun lamanya membangun jembatan.  Untuk usianya sudah mencapai 109 tahun. Udah tua ya....

3. Cagar Alam

Sebenarnya Kelok 9 bukan tempat wisata, melainkan sebuah jalan penghubung saja. Lokasi Kelok 9 berada di dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih (sebelah Timur) dan Cagar Alam Harau (sebelah Barat).

4. Dikembangkan Lagi Tahun 2003

Pada tahun 2003, jembatan kelok 9 dikembangkan lagi di masa pemerintahan presiden SBY. Alasannya karena jembatan ini sudah sangat padat untuk dilewati banyak pengguna kendaraan bermotor.

5. Ragam Jembatan

Kelok 9 memiliki enam jembatan dengan ruas jalan 13,5 meter. Panjang masing-masing jembatan bervariasi. Jembatan pertama memiliki panjang 20 meter, kedua 230 meter, ketiga 65 meter, keempat yang merupakan paling panjang membentang sejauh 462 meter. Lalu jembatan kelima sepanjang 31 meter dan yang keenam 156 meter.

6. Karya Anak Bangsa

Siapa sangka ternyata kemegahan dan pemandangan yang dimiliki oleh jembatan kelok 9 merupakan karya dari anak bangsa yang menggunakan konsep green construction dan yang paling membanggakan menggunakan produk-produk dalam negeri. Hal yang sangat membanggakan.

7. Konstruksi yang unik

Para pengendara yang melewati kelok 9 dipastikan tidak akan bosan. Karena konstruksi jalan yang unik. Kelok 9 yang dulu yang berbatasan dengan jurang sekarang tidak lagi menyeramkan karena ditopang oleh 30 pilar yang kokoh dengan ketinggian 10-15 meter. (al)

Sumber