5 Jenis Masakan Padang yang Paling Disukai Wisatawan Asing

5 Jenis Masakan Padang yang Paling Disukai Wisatawan Asing

Kabarantau.com - Tak seperti rendang di restoran Padang pada umumnya yang berwarna merah. Di RM Pagi Sore, rendangnya berwarna cokelat tua. 

Padahal, rumah makan padang tersebar di hampir seluruh sudut kota. Tak hanya Jakarta dan Pulau Jawa, tapi juga seluruh Indonesia. Cabai dan santan adalah dua komponen utama dalam masakan padang.

Meski terkenal pedas dan berlemak, bukan berarti turis asing tak menyukai aneka hidangan yang disajikan. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, Nusyirwan Effendi mengatakan, setidaknya ada lima jenis masakan padang yang cocok di lidah turis asing.

1. Rendang

Masakan nomor satu yang paling diminati tentu saja rendang. Sekadar saran, coba pergi ke restoran. Bukan rumah makan. Biasanya, rasa rendang restoran "manusiawi" untuk lidah turis asing," tutur Nusyirwan kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

2. Gulai Ayam

Untuk jenis masakan kedua, Nusyirwan merekomendasikan gulai ayam.

3. Ayam Goreng Bumbu

Ayam goreng khas Padang itu berbeda dengan umumnya. Ada bumbu seperti kremes jika di Jawa, terbuat dari jahe dan lengkuas yang digoreng. Bumbu itu ditaburkan ke ayam," tutur antropolog lulusan Bielefeld University, Jerman itu.

4. Dendeng Batokok

Nusyirwan menjelaskan, dendeng batokok terutama lada hijau sangat cocok untuk lidah turis asing karena rasanya yang tidak terlalu pedas.  

5. Ikan Bilis

Masakan terakhir adalah ikan bilis. Namun, tak semua restoran Padang menyajikan masakan ini. "Bilis adalah ikan endemik Danau Singkarak. Masaknya gampang, digoreng begitu saja. Tapi asinnya sangat pas meski tidak dibumbui apa-apa," jelas dia.

Kelima jenis masakan padang ini bisa jadi ajang promosi wisata kuliner bagi turis asing. Meski penuh rempah dan bercita rasa pedas, Nusyirwan menjamin, turis asing cocok dengan rasanya.

Sumber