Pulau Sibunta, Pulau di Sumatera Barat yang Ternyata Lebih Indah dari Maldives

Pulau Sibunta, Pulau di Sumatera Barat yang  Ternyata Lebih Indah dari Maldives

Kabarantau.com - Sumatera Barat, ranah Minang yang beradat dan kaya akan tradisi serta budaya. Alamnya elok menyuguhkan keindahan yang bukan hanya ramah di mata tapi juga memperkaya jiwa dengan keindahan mengagumkan. Jangan menganggapnya berlebihan karena begitulah Sumatera Barat dengan ibu Kotanya Padang. Di daerah lain, mungkin sesuatu yang bisa dinikmati tentang salah satu provinsi di bagian barat Sumatera mungkin seputar kuliner dan pertunjukan seninya saja, namun jika kamu datang ke Sumatera Barat, kamu juga bisa menikmati keindahan alam mulai dari pegunungan, ramainya perkotaan, hingga dalamnya lautan.

Khusus untuk pesona baharinya, ternyata nggak kalah loh dari Bali, Raja Ampat, atau Derawan sekalipun. Bahkan ada yang menyamakan pantai-pantai di Sumbar dengan Kepulauan Maladewa atau Maldives. Nggak heran jika sampai ada yang berkata seperti itu, karena memang destinasi wisatanya menawarkan keindahan yang menawan. Apalagi dengan pulau-pulau di lepas pantainya, semakin melengkapi kecantikan Sumatera barat. Berikut ini adalah beberapa pulau populer yang nggak boleh kamu lewatkan.Pulau Sibunta terletak 12,5 km dari pusat Kota Padang. Dapat dicapai dengan mengunakan perahu motor cepat selama 20 menit dari Pulau Pandan dan sekitar 18 menit dari Kota Padang.  

Luas Pulau Sibunta 1- 1,5 ha, dengan kondisi pantai cukup luas 4-5 meter pada keliling pulau. Hampir seluruh bagian tengah pulau diliputi oleh vegetasi hutan dengan jenis pohon aru, kelapa, sago. 

Pulau ini memiliki ketinggian 1-2 meter dari permukaan laut. Perairan Pulau ini sangat jernih, berombak kecil disebelah barat dan banyak terdapat terumbu karang antara lain jenis Acropora, Pocciliciopra dan lain-lain. 

Seperti pulau-pulau kecil lainnya pulau ini tidak dihuni secara tetap, sebagai sebagai derah persinggahan bagi nelayan.

Baik daratan maupun baharinya, menyuguhkan keindahan yang begitu memanjakan mata. Kamu yang mencari ketenangan bisa juga datang ke Pulau Sibunta untuk mengistirahatkan tubuh menyegarkan pikiran.

Untuk menginjakkan kaki di daratannya, kamu harus mengarungi lautan dari Padang dengan perjalanan selama 18 menit, jaraknya sekitar 12,5 kilometer dan bisa dicapai dengan perahu motor milik nelayan.

Sumber