Menikmati Pagang, ”Surga” Baru Bumi Minangkabau

Menikmati Pagang, ”Surga” Baru Bumi Minangkabau

Kabarantau. com - Menikmati kirana pantai, mendengar deburan ombak, merasakan angin sepoi-sepoi. Tak kuasa diri menahan keindahan alam Pulau Pagang di perairan Indonesia bagian barat, tepatnya masuk ke wilayah bumi Minangkabau, yaitu Sumatera Barat. Pulau yang terletak tidak jauh dari Pantai Bungus, Padang, Sumatera Barat ini bisa menenangkan jiwa Anda sejenak ketika berlibur di sana.

Pulau Pagang adalah pulau temuan masyarakat Bungus. Pulau yang masih bersih, berpasir putih, berpohon rimbun, serta dihiasi air laut pantai yang masih biru segar, sangat cocok dinikmati bersama keluarga dan sahabat petualang lainnya. Pulau ini pun menjadi "surga" pulau baru bagi para wisatawan yang suka berwisata pulau.

Jika Anda tertarik untuk berlibur di Pulau Pagang, dari Kota Padang bisa naik bus atau kendaraan pribadi menuju Pantai Bungus. Dari Pantai Bungus akan berangkat menggunakan kapal boat dengan kapasitas penumpang sekitar 30 orang. Tapi sebelumnya kita harus mengenakan jaket pelampung untuk keamanan selama perjalanan. Kapal kayu yang siap membawa kita berpetualang juga dilengkapi dengan keamanan yang baik. Kapal ini menggunakan dua motor mesin dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Waktu tempuh selama perjalanan tidak akan terasa lama, karena sepanjang perjalanan kita bisa menikmati pemandangan yang "memijat" mata. Jajaran pulau yang terhampar luas seakan menuntun kita ke surga yang tak ada habisnya. Apalagi di saat langit cerah, langit tak ada batasnya menambah keindahan alam sepanjang perjalanan.

Di Pulau Pagang, bisa langsung menikmati keindahan pulau dengan berjalan menelusuri areal pulau. Selama menelusuri pulau, jangan lupa mengabadikan keindahan daratan pulau dengan kamera. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah air dan terumbu karang yang masih alami dengan kamera underwater. Tidak usah takut, tanpa alas kaki pun, kaki akan nyaman saat berkeliling pulau berpasir lembut ini. Cukup 20 menit saja untuk mengelilingi pulau ini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keseruan beraktivitas snorkling, diving, underwater photoshoot, banana boat, atau sekedar bermain-main air di tepi pantai. Air yang segar membuat kita betah berada dalam di pantai.

Biasa usai puas bermain, perut akan terasa lapar. Jangan takut, karena di sana juga sudah dibangun warung tradisional yang mengikuti tema pulau. Makanannya memang masih terbatas. Anda juga diperbolehkan membawa makanan sendiri. Tentu saja tetap harus menjaga kebersihan pulau.

Tidak puas hanya bermain dan menikmati keindahan pulau saat siang? Tak perlu khawatir, Anda pun bisa menikmati keindahan pulau di malam hari dengan menginap di Pulau Pagang. Di pulau ini juga tersedia penginapan tradisional. Penginapan berdinding kayu alami dan kamar mandi yang bersih. Untuk lebih merasakan keindahan alam pulau, akan lebih baik Anda membawa bivak atau tenda, dengan sleeping bag. Untuk mendapatkan pelayanan selama perjalanan, bisa menggunakan jasa travel antar pulau yang harganya cukup terjangkau.

Sumber