WOW, Pemuda Minang Kembali Inisiasi Warung Gratis ”Kopi Dinding” Kedua di Sultra

WOW, Pemuda Minang Kembali Inisiasi Warung Gratis ”Kopi Dinding” Kedua di Sultra

Kabarantau.com - Satu lagi warung berbagi makanan dan minuman gratis bernama "Kopi Dinding" hadir di Indonesia. Program yang pertamakali didirikan di Padang ini sebelumnya telah menyebarkan "virus" ke Kolaka, tepatnya di Jalan Pemuda No. 8 Kolaka, Sulawesi Tenggara di warung KNPI Kolaka. "Kopi Dinding" Kolaka ini diinisiasi oleh pemuda berdarah Minang, Jefferdian, yang juga merupakan Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka.

Pertama kali diluncurkan oleh Miko Kamal, di Lapau Ongga, Jl Pasar Mudik No. 47 Padang atau di Kawasan Kota Tua Padang pada Februari lalu, kini Kopi Dinding kembali hadir di Kolaka, tepatnya di Warung Kopi Boboho Milik Amirudin di Jl. Sutomo Pasar Mekongga Kolaka, Rabu, 20 April 13.30 WITA.

"Peresmiannya dihadiri oleh Bupati Kolaka, Kapolres, Dandim, Sekda, Ketua KNPI, tokoh pemuda, Pers. Lebih kurang 50 orang," kata Jefferdian yang merupakan alumnus Universitas Bung Hatta Padang itu.

Ia mengatakan, program Kopi Dinding ini bertujuan untuk berbagi dengan warga yang kurang beruntung untuk menikmati makanan dan minuman. Dengan adanya program Kopi Dinding ini, ia melanjutkan, terbuka kesempatan bagi kuli, buruh angkut, pengemis, tukang sapu jalan, dan pemulung yang beraktivitas di seputaran warung untuk menikmati makanan dan minuman secara gratis.

Konsep yang ditawarkan pun serupa dengan "Kopi Dindiang" yang ada di Padang. Di mana setiap pembeli akan membayar menu yang mereka pesan, misalnya kopi dengan harga dua kali lipat, di mana separuh uang yang dibayar akan disisihkan untuk mereka yang belum mampu membayar makanan atau minuman di warung itu.

Nanti, mereka akan menempel semacam stiker di dinding berisi menu apa yang telah mereka bayarkan. Pengunjung yang belum mampu akan menggunakan stiker itu untuk menikmati menu serupa di "Kopi Dinding" secara gratis.

[Satria Putra]

Sumber