Kamu Mau Resepsi Pernikahan ? Pastikan Mengetahui 5 Fakta Menarik Tentang Pelaminan

Kamu Mau Resepsi Pernikahan ? Pastikan Mengetahui 5 Fakta Menarik Tentang Pelaminan

kabarantau.com - Ingin mengusung tema Minangkabau dalam pesta pernikahan? Walaupun sentuhan gaya modern kini jamak dipakai untuk dekorasi pesta pernikahan tradisional, namun ada beberapa elemen dekoratif yang ‘wajib’ ada dalam pelaminan pengantin Minang.

Inilah hal-hal esensial dalam dekorasi pesta Minang yang tak bisa diabaikan, sehingga layak diberi predikat pelaminan adat Minangkabau.

1. Menggunakan kain-kain bersulam benang emas bermotif ukiran Minang yang dipergunakan baik untuk tabir atau backdrop maupun untuk hiasan di bagian pelaminan lainnya.

2. Menyertakan bantal-bantal gadang (besar) yang ditempatkan di bilik utama maupun bilik pendamping di sisi kanan atau kiri bilik utama.

3. Terdapat tirai atau langit-langit di atas tempat bersandingnya pengantin. Pada langit-langit pelaminan tersebut juga digantung ornamen-ornamen mainan angkin dan karamalai khas Minangkabau yang berbentuk lidah-lidah menyerupai dasi warna keemasan.

4. Latar belakang tempat duduk pengantin diletakkan kelambu berlapis. Jumlah kain kelambu lapisnya bisa 3, 5, atau 7 lapis –sebagai penanda status sosial dari keluarga sang mempelai. Makin besar atau banyak lapis kelambu –yang penting jumlahnya harus ganjil, pertanda status sosial sang pengantin dari kalangan berada atau kalangan keturunan bangsawan atau puti-puti. Di balik kelambu berlapis juga disertakan bantal-bantal kecil sebagai hiasan yang akan menciptakan suasana semarak penampilan dekorasi pelaminan khas Minang.

5. Di samping tempat duduk pengantin ada semacam bingkai disebut galuang (galuang), yakni berbentuk lengkungan mirip gapura –namun sekarang sudah divariasi bentuknya tidak lagi melengkung, yang menandakan perhelatan kaum bangsawan. Galuang ini biasanya dilapisi kain yang dijalin beberapa warna dan pada sisi-sisinya dilengkapi tonggak bambu berlapis.

Adanya ‘rambu-rambu’ tersebut bukan berarti membatasi keinginan mempelai untuk bisa berkreasi sesuai dengan dekorasi pesta impiannya. Dengan inovasi dan kreasi baru, tentu bisa menyertakan atribut tambahan yang akan mempercantik pelaminan.

Misalnya, Anda bisa meminta dekorator untuk menambahkan atribut pemanis, seperti sepasang payung kuning yang biasa dipajang di samping kiri dan kanan pelaminan, penempatan dulang-dulang yang berhias kain sulam keemasan, penambahan bilik-bilik atau penempatan lumbung padi di kiri-kanan pelaminan.

Ingin pelaminan tampak lebih glamor dan mewah? Bentuk bangunan gonjong-gonjong rumah gadang Minang yang tinggi menjulang kini menjadi favorit pengantin yang mengusung gaya Minang untuk tempat singgasana di hari istimewanya.

Bukan hanya itu, penambahan taman bunga di depan panggung pelaminan disertai pencahayaan modern, maka singgasana pelaminan pengantin Minang menghadirkan sentuhan mewah yang menyemarakkan suasana pesta.

Teks: Dwi Ani Parwati
Dekorasi: Des Iskandar

Sumber