Makan Rendang Tak Lengkap Rasanya Tanpa Sambel Satu Ini

Makan Rendang Tak Lengkap Rasanya Tanpa Sambel Satu Ini

Kabarantau.com - Rendang hampir tak pernah absen dari sajian lebaran yang terhidang di meja makan. Makanan khas minang ini selalu ditunggu banyak orang dalam merayakan hari kemenangan.

 Potongan daging sapi atau daging kerbau dengan santan kentalnya menjadi cita rasa yang khas di lidah orang Indonesia. Tapi, sajian tersebut belum lengkap rasanya jika disantap tanpa kehadiran sambal lado mudo atau biasa dikenal dengan sambel hijau. Cocolan lado akan menambah kesempurnaan cita rasa masakan dari Sumatera Barat tersebut.

Sambal yang dibuat dari cabai hijau yang digling kasar ini memiliki tekstur yang begitu menggoda untuk segera mencoleknya bersama suwiran daging berbalut bumbu kecoklatan. Terlebih jika dimakan saat nasi masih mengepul panas.

Buat Anda yang tertarik untuk membuatnya, silahkan lihat resep sederhana di bawah ini ya:

Bahan-bahan :

250 gram cabe hijau besar, buang tangkainya

50 gram cabe rawit hijau (untuk hasil lebih pedas)

4 siung bawang merah

3 sdt minyak goreng, untuk menggoreng

2 siung bawang putih

2 buah tomat ijo

½ sdt air jeruk nipis

Gula pasir secukupnya

Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Cabe Hijau

Potong kasar cabe hijau dan cabe rawit hijau.  Kemudian kukus cabe hijau dan cabe rawit hijau bersama dengan bawang merah, tomat, dan bawang putih kurang lebih 5 menit.

Jika sudah layu angkat bahan-bahan tersebut dan tiriskan hingga airnya berhenti menetes. Lalu tumbuk semua bahan diatas secara kasar. Usahakan saat menumbuk, semua bahan tercampur sempurna.

Siapkan minyak goreng dan tumis semua bahan sampai layu dan tercium bau yang harum. Panaskan pada api sedang agar tidak gosong dan berbau sangit.

Terakhir tambahkan gula, air jeruk dan garam pada tumisan dan aduk rata. Masak terus sampai benar-benar matang.  Angkat sambal dan sajikan bersama lauk yang lain. Selamat menikmati!

Sumber