Ini dia Rahasia Empat Cara Masak Rendang Orisinil, Yuk Intip!

Ini dia Rahasia Empat Cara Masak Rendang Orisinil, Yuk Intip!

Kabarantau.com - Rendang bisa dipastikan adalah lauk yang paling dicari di rumah makan padang. Bahkan rendang juga bisa dijadikan jaminan keaslian rumah makan tersebut. Ada 4 rahasia cara masak rendang yang orisinil merupakan tradisi asli ala minang.

Pertama adalah rebus bumbu jadi satu. Hampir semua proses memasak dimulai dengan menumis bumbu hingga harum. Tapi lain halnya dengan rendang ini. Semua bumbu halus, rempah-rempah, dan santan akan sekaligus direbus bersama dalam panci. Seperti dikutip dari ResepKoki, Anda harus terus mengaduk campuran ini hingga santannya mengental dan mengeluarkan minyak. Baru kemudian bahan utamanya, seperti daging atau telur, siap dimasukkan.

Kedua, perbandingan kelapa 1:3. Rendang dengan bahan 1 kilo daging menggunakan santan kental dari 3 butir kelapa. Tidaklah paten namun perbandingan ini dianggap paling pas menghasilkan rendang yang luar biasa lezat. Walau dipercaya juga bahwa semakin banyak santan maka semakin enak. Tentunya tak ada istilah santan instan siap pakai dalam daftar bahan masak rendang otentik ini.

Ketiga, gula tidak masuk dalam daftar bahan. Anda bisa ditertawakan orang minang jika menambahkan gula saat memasak rendang. Dalam resep aslinya, gula tidak tersebut sebagai bumbu. Bisa dipastikan bahwa penambahan gula saat memasak rendang adalah pengaruh kultur daerah lain. Entah dari si penikmat atau si pemasak yang lebih mantap jika menambah gula dalam masakannya.

Keempat, menjadi kunci adalah waktu memasak. Bukan rahasia lagi jika rendang lezat membutuhkan waktu yang lama saat dimasak. Rendang yang betul-betul kering memerlukan waktu masak antara 5-6 jam. Sementara itu rendang basah harus dimasak sekitar 4 jam. Tiga jam pemasakan pun hanya cukup menghasilkan sajian lain yaitu kalio daging. Jadi benar apa yang dikatakan orang bijak: kesabaran berbuah kenikmatan tiada tara.

Nah, jika sudah tahu rahasia cara masak rendang minang yang orisinil, langsung saja buat dan sajikan untuk keluarga tercinta ya dun sanak di perantauan.

Sumber