2 Masakan Padang Terlezat yang Jarang Dijumpai di Rumah Makan

2 Masakan Padang Terlezat yang Jarang Dijumpai di Rumah Makan

Kabarantau.com - Sob, kali ini kita akan mengulas masakan khas minangkabau yang jarang ada di rumah-rumah makan padang, namun ketenaran dan kelezatannya sudah terdengar hingga ke seantero negeri. Rumah makan Padang biasanya memiliki menu umum seperti rendang, aneka olahan daging ayam, daging sapi (dendeng dan sop), kemudian ada olahan jeroan, namun 2 masakan padang berikut ini jarang kita jumpai di warung makan Padang. Apa saja masakan yang menggugah selera itu?

1.Gulai Paku

Dikenal juga dengan nama "Gulai Pakis", gulai paku, adalah hidangan klasik Indonesia yang lezat dan memiliki cita rasa yang unik. Bahan salah satu masakan padang terlezat ini adalah daun pakis yang dimasak dalam saus kelapa yang dibumbui dengan cabai, lengkuas, dan jahe. Gulai Paku adalah salah satu menu vegetarian khas Padang yang layak dicoba.

Tentu saja, membayangkan menyatap daun pakis mungkin terasa aneh bagi anda. Namun jangan salah, bahan tersebut ternyata sangat enak untuk disantap. Biasanya, Gulai Paku disajikan bersama ketupat dan disajikan untuk menyambut Hari Raya.

2.Gulai Itiak

Bebek atau itik adalah salah satu bahan masakan yang menjadi primadona di berbagai negara. Bahan makanan ini juga merupakan salah satu dari bahan untuk membuat masakan Cina paling lezat, yaitu Bebek Panggang Peking. Di daerah Padang, itik juga diolah menjadi salah satu makanan khas paling enak yang bernama "Gulai Itiak".

Pada dasarnya, Gulai Itiak adalah daging bebek yang diiris tipis-tipis, dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti cabe kriting hijau, laos, kunyit, dan jahe. Masakan ini berasa pedas, dan memiliki warna kehijauan ketika disajikan.

Dua masakan di atas pasti pernah dimasak oleh ibu-ibu rumah tangga di Sumatera Barat sebagai sajian panganan bagi keluarga. Rasanya begitu gurih dan selalu membuat kangen para perantau di negeri seberang. Bahkan admin sendiri selalu meminta dibuatkan masakan tersebut oleh nenek di kampung, ketika musim lebaran tiba. Tanpa gulai paku rasanya ada yang kurang pulang kekampung.

Bagi Anda para perantau, cobalah sekali-sekali memasak masakan ini di rumah Anda, dan jangan coba-coba membeli di rumah makan padang, karena masakan ini sangat jarang dijual ????

Sumber