Fakta Sejarah : Benarkah Minangkabau Daerah Penghasil Intelektual

Fakta Sejarah : Benarkah Minangkabau Daerah Penghasil Intelektual

Kabarantau. com - Provinsi Sumatera Barat, adalah sebuah daerah administratif yang berada di bagian barat pulau Sumatera. Ranah Minangkabau, julukannya, mengacu pada etnis Minangkabau yang mendiami daerah ini. Yang mana etnis ini sangat unik bila dibanding dengan etnis-etnis lain yang ada di Indonesia. Selain itu, topografi Sumatera Barat yang dilewati Bukit Barisan, dilewati garis khatulistiwa dan menghadap langsung ke Samudra Hindia, menjadikan daerah ini memiliki segudang potensi alam yang memikat hati dan Daerah Penghasil Intelektual.

Presiden pertama Indonesia, Bung Karno, pernah berkata, "Bekerjalah seperti orang Jawa, Berkatalah seperti orang Batak dan Berpikirlah seperti orang Minang." Hal ini menggambarkan apresiasi Bung Karno terhadap pola pikir orang Minang.

Sumatera Barat secara khusus sejak dahulu memang menjadi pabrik orang-orang pintar. Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Agus Salim, Tan Malaka, Rohana Kudus, Buya Hamka dan masih banyak lainnya tokoh intelektual lain yang lahir dari tanah Minangkabau.

Anda Orang Minang, Harus Tahu dan Banggalah !

Silahkan di share dan di tag temannya jika bermanfaat, jangan lupa follow dan like yo sanak.

Sumber