“Basi Kakeh Roda Basi” Lomba Pacu Upieh Di Solok

“Basi Kakeh Roda Basi” Lomba Pacu Upieh Di Solok

Kabarantau. com Lomba pacu upieh (pelepah pinang) yang diikuti oleh anak-anak di Kota Solok menjadi opening menarik lomba pacu masin bajak yang digelar di areal persawahan Solok, tepatnya di depan Kantor pengadilan Negri Solok, Minggu 22 Januari 2017.

Pantauan KLIKPOSITIF, puluhan anak-anak yang berasal dari Kota Solok ini berpacu membelah sawah untuk menjadi yang terbaik dengan hadiah yang menarik. Tanpa menghiraukan lumpur yang mengotori baju mereka, anak-anak ini tampak begitu antusias bermain lumpur.

Lomba pacu upieh ini sendiri memang dikhususkan bagi anak anak. Keseruan mereka menjadi tontonan menarik bagi ratusan penonton yang memadati sawah Solok untuk menyaksikan lomba pacu masin bajak.

Salah seorang peserta, Oliver (7) mengaku sangat senang dengan lomba pacu upieh yang disediakan oleh panitia. "Senang om, sudah lama ndak main di sawah, seru sekali ," ungkapnya.

Lomba pacu upieh ini hanya menempuh jarak lebih kurang 20 meter karena pesertanya adalah anak-anak. Masing-masing peserta terdiri dari 2 orang, dimana satu orang sebagai penarik dan 1 orang sebagai penumpang.

"Senang om, untuk menang perlu tenaga yang kuat dan lincah berlari di tengah sawah," beber Taya yang merupakan kakak dari Oliver.

Banyak peserta yang tersungkur dan terjatuh, namun malah mengundang gelak tawa dari masyarakat yang datang memadati sawah Solok. Tampaknya bagi anak-anak ini, bermain di sawah sudah lama dirindukan.

Masyarakat mengaku sangat mengapresiasi lomba tradisional yang digelar oleh pemerintah Kota Solok yang diinisiasi oleh pemuda Sinapa Piliang dan komunitas Gajah Maharam dan Dinas Pertanian. (KlikPositif)

Sumber